Ding Liren Penuhi Syarat ke Turnamen Kandidat

Jangan-jangan jika juara turnamen ini nanti adalah Ding Liren, juara bertahan GM Magnus Carlsen akan bersedia kembali untuk mempertahankan gelar juara dunianya.

Sabtu, 23 April 2022 | 08:20 WIB
0
95
Ding Liren Penuhi Syarat ke Turnamen Kandidat
Ding Liren (Foto: Kirill Merkuryev)

Misi GM Ding Liren untuk bisa lolos ke Turnamen Kandidat 2022 tercapai juga lewat jalur rating. Pecatur berusia 29 tahun ini telah memainkan 26 partai FIDE rated dalam waktu kurang dari satu bulan.

Setelah GM Sergey Karjakin di keluarkan FIDE dari daftar peserta Turnamen Kandidat 2022 karena mendukung invasi Rusia ke Ukraina maka penggantinya diambil dari pemain dengan rating tertinggi pada bulan Mei 2022.

Selain pemilik rating tertinggi syarat lainnya adalah telah memainkan 30 partai FIDE rated dalam rentang waktu bulan Juni 2021 hingga bulan Mei tahun ini.

Pada bulan November 2021 lalu, GM Ding Liren telah memainkan 4 partai FIDE rated melawan GM Lu Shanglei jadi 30 partai yang dibutuhkan telah terpenuhi.

Dengan demikian peserta Turnamen Kandidat bulan Juni 2022 mendatang di Madrid, Spanyol kecuali ada hal di luar dugaan adalah: 

1. GM Fabiano Caruana

2. GM Jan-Krzysztof Duda

3. GM Alireza Firouzja

4. GM Ian Nepomniachtchi

5. GM Teimour Radjabov

6. GM Richard Rapport

7. GM Hikaru Nakamura

8. GM Ding Liren.

Jangan-jangan jika juara turnamen ini nanti adalah Ding Liren, juara bertahan GM Magnus Carlsen akan bersedia kembali untuk mempertahankan gelar juara dunianya sebab Ding Liren adalah salah satu pecatur yang dihormatinya.

***