8 Tips Memakai Busana Sesuai Syariat Agama Islam yang Nyaman dan Praktis

Memilih busana yang tepat dan memperhatikan kenyamanan dapat membantu Anda menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik dan penuh keyakinan.

Senin, 25 Desember 2023 | 15:58 WIB
0
65
8 Tips Memakai Busana Sesuai Syariat Agama Islam yang Nyaman dan Praktis
aneka macam warna jilbab french khimar

Berikut ini adalah delapan tips untuk memakai busana sesuai syariat agama Islam yang nyaman dan praktis:

Pilih Bahan yang Ringan dan Bernapas

Memilih bahan busana yang ringan dan bernapas akan membantu Anda tetap nyaman dalam beraktivitas, terutama di cuaca yang panas. Pilihlah bahan seperti katun atau linen yang dapat menyerap keringat dan mengizinkan sirkulasi udara dengan baik.

Pilih Model Busana yang Longgar dan Tidak Ketat

Model busana yang longgar dan tidak ketat akan memberikan ruang gerak yang lebih baik dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Hindari busana yang terlalu menyempit di area lengan, dada, dan pinggang.

Padankan Atasan dengan Bawahan yang Sesuai

Pilihan atasan yang panjang dan bawahan yang longgar akan menciptakan kesan yang syar'i sekaligus memberikan kenyamanan. Padankan tunik atau blus panjang dengan celana atau rok yang longgar untuk tampilan yang elegan dan sesuai syariat.

Gunakan Inner atau Dalaman

Untuk memastikan bahwa busana Anda tetap syar'i dan tidak tembus pandang, kenakan inner atau dalaman yang sesuai dengan atasan atau dress Anda. Inner dapat membantu menutupi bagian-bagian tubuh yang seharusnya tidak terlihat.

Pilih Hijab yang Praktis dan Nyaman

Pilihlah hijab atau kerudung yang praktis dan nyaman. Hijab instan atau pashmina dengan desain yang simpel akan memudahkan Anda dalam berhijab dan tetap nyaman sepanjang hari.

Hindari Hiasan Berlebihan

Hindari hiasan atau aksen yang berlebihan pada busana Anda. Sesuai dengan prinsip berbusana Islam, tetaplah sederhana dan hindari penggunaan pernak-pernik yang berlebihan.

Perhatikan Panjang Rok dan Celana

Pastikan panjang rok atau celana Anda mencukupi agar tidak terlihat ketika Anda duduk atau bergerak. Hindari rok atau celana yang terlalu pendek agar tetap mematuhi aturan berbusana Islam yang sopan.

Pilih Sepatu yang Nyaman dan Sesuai

Terakhir, pastikan Anda menggunakan sepatu yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas Anda. Pilihlah sepatu yang dapat memberikan dukungan dan kenyamanan bagi kaki Anda selama beraktivitas.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat tetap tampil modis dan nyaman dalam berbusana sesuai syariat agama Islam. Memilih busana yang tepat dan memperhatikan kenyamanan dapat membantu Anda menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik dan penuh keyakinan.