Coaching Pelatih Catur [2] Perlunya Atlet Memiliki Pelatih

Coaching adalah membebaskan potensi seseorang untuk memaksimalkan performanya, membantu mereka untuk belajar bukan mengajari mereka.

Senin, 25 Januari 2021 | 14:43 WIB
0
167
Coaching Pelatih Catur [2] Perlunya Atlet Memiliki Pelatih
Catur simultan (Foto: Istimewa)

Permainan di atas papan catur adalah cerminan dari permainan di dalam diri atlet ( inner game ). Inner game ini melibatkan pikiran, perasaan dan emosinya.

Bila seorang atlet mampu mengelola inner game nya dengan baik maka dia akan bermain dengan performa puncak.

Nah, sebaliknya apabila dia gagal mengelola inner game nya, maka performanya akan jauh dari potensi sebenarnya.

Bagaimana itu bisa terjadi? Di pertandingan level nasional bahkan dunia, keahlian permainan ( skill catur ) hanyalah pintu masuk. Penentu kemenangan adalah permainan dalam ( inner game ). Hambatan terbesar ada di dalam diri atlet, bukan di luarnya.

Di level kejuaraan nasional dan dunia, semua teknik dasar sampai mahir sudah pasti dikuasai oleh para atlet, sehingga atlet yang mampu mengelola inner game-nya yang akan menjadi juara.

Kembali kepada pertanyaan di part 1 apakah pelatih dan coach adalah sama?

Bagi saya pelatih adalah trainer, dia memberikan training pemahaman, teknik permainan dan instruksi kepada atlet. Sedangkan seorang Coach tidak mengajarkan atau menginstruksikan sesuatu, tidak juga memberikan saran atau solusi bagi atlet / coachee ( orang yang di-coaching ). Tambah bingung? Jangan bingung.

Jadi apa tugasnya Coach dong?

Seorang Coach membantu atlet untuk belajar dan bertumbuh. Bagaimana caranya?

Nah inilah kuncinya, yaitu dengan mengajukan pertanyaan. Hanya bertanya? Ya hanya bertanya, tentu saja bukan sembarang pertanyaan. Namun pertanyaan-pertanyaan yang dapat memicu kesadaran diri dan memprovokasi tindakan kreatif. Kita lebih suka menyuapi dan disuapi pelajaran, kita lebih suka diberitahu dan memberitahu tentang apa yang perlu dilakukan. Satu pertanyaan yang powerful lebih baik dari puluhan jawaban bukan?

Saya percaya sekarang pembaca pasti sudah mulai memahami artikel ini, bahwa coaching sangat diperlukan bagi seorang atlet.

Nah, ayo apa arti coaching kalau sudah paham?

Coaching adalah membebaskan potensi seseorang untuk memaksimalkan performanya, membantu mereka untuk belajar bukan mengajari mereka.

Jadi seorang pelatih yang dapat juga berfungsi sebagai seorang coach akan dapat menciptakan atlet yang berprestasi luar biasa.

Di artikel selanjutnya saya akan membahas lebih dalam mengenai coaching pelatih catur. Saya juga telah membuat kertas kerja Coaching Pelatih Catur.

Denny Widya, CBC Motivational Coach

***

Tulisan sebelumnya: Coaching Pelatih Catur [1] Pastikan Atlet Keluarkan Seluruh Kemampuannya