Bahasa Gambar, Ketika Punggung Menjadi Penting

Punggung yang dipotret adalah punggung pemain basket NBA ternama Michael Jordan. Foto punggung itu menyertai kemunduran Jordan dari laga NBA. Majalah itu bertanya: “Mengapa?”

Selasa, 13 Oktober 2020 | 10:01 WIB
0
221
Bahasa Gambar, Ketika Punggung Menjadi Penting
Joran (Foto: Dok. pribadi)

Dalam dunia foto jurnalistik, tampilan terpenting seorang manusia adalah wajahnya. Bahkan untuk ukuran foto yang sangat kecil, hanya wajah saja yang ditampilkan dalam sebuah profil singkat atau biasa disebut dengan “headshot”, bukan bagian tubuh yang lain.

Tetapi adakalanya justru foto punggung yang menjadi menarik, seperti tiga foto contoh yang menyertai tulisan ini. Foto punggung memang menceriterakan tentang orang yang terpotret, tetapi informasi foto tersebut bukanlah bagaimana wajah sang terpotret melainkan hal lain.

Foto punggung hanya bisa bermakna kalau sang terpotret memang sudah dikenal, atau memang tidak perlu diperkenalkan sama sekali. Untuk hal kedua ini, sebagai contoh adalah orang-orang yang memandang sebuah peristiwa besar, misalnya kebakaran atau pertunjukan musik.

Punggung-punggung yang terpotret sebenarnya menjadi latar depan dari inti ceriteranya.

Akan halnya foto memotret punggung orang terkenal, ada beberapa pemahaman yang bisa diambil. Dalam contoh foto headline Harian Kompas 5 Juli 2014, Joko Widodo ditampilkan punggungnya saja karena inti ceritera adalah meriahnya suasana kampanye di Senayan itu.

Pemotretan dengan sudut punggung sudah sejak dahulu dipakai para jurnalis. Pada tahun 1961, foto punggung Presiden AS John F Kennedy yang berbincang dengan mantan Presiden Eisenhower di Camp David sungguh menjadi foto yang kuat.

Kedua pria itu sedang membicarakan hal serius yaitu Krisis Teluk Babi, dalam konfrontasi AS dengan Kuba di kala itu. Untuk kasus seperti ini, foto dari arah depan malah kurang memberikan efek “kedalaman” foto tersebut.

Dan kasus foto punggung yang sangat artistik adalah sampul majalah olahraga Sports Illustrated edisi Oktober 1993. Punggung yang dipotret adalah punggung pemain basket NBA ternama Michael Jordan. Foto punggung itu menyertai kemunduran Jordan dari laga NBA. Majalah itu bertanya: “Mengapa?”

***