Perebedaan antara Ikan Koi dan Ikan Mas

Selama Anda tahu karakteristik apa yang Anda cari, maka Anda tidak akan kesulitan membedakan koi dan ikan mas.

Jumat, 14 Mei 2021 | 15:11 WIB
0
18
Perebedaan antara Ikan Koi dan Ikan Mas
Ikan Koi VS Ikan Mas

Taukah anda bahwa sesungguhnya ikan koi warna-warni yang biasa ditemukan di kolam untuk menghiasi pekarangan rumah berasal dari ikan mas?

Ya, memang raja ikan hias penghuni kolam yang tampak anggun ini sebenarnya dahulu punya penampilan yang sederhana.

Meskipun telah dikembang-biakkan secara selektif agar terlihat seperti sekarang, ikan koi masih cukup dekat dengan ikan mas konsumsi pada umumnya.

Namun demikian banyak yang bertanya, “Apa itu Ikan Mas dan Apa itu ikan Koi? Apa perbedaan besar di antara mereka? "

Untuk membantu Anda agar lebih mudah membedakannya, berikut ini semua yang perlu Anda ketahui tentang koi vs ikan mas dan apa perbedaan besar di antara keduanya.

Terlepas dari kesamaan yang mencolok antara koi dan ikan mas, mereka masih dapat dibedakan - segera setelah Anda mengetahui karakteristik spesifiknya.

Warna 

Inilah perbedaan paling mencolok antara koi dan ikan mas pada umumnya. Ikan mas biasanya berwarna abu-abu tua atau coklat keemasan. Sedangkan ikan koi hadir dalam berbagai warna dan kombinasi pola dan warna.

Sementara ikan mas biasa terlihat cukup suram, dan koi hadir dalam warna yang cemerlang yaitu merah, kuning, oranye, biru, putih, dan hitam - dan masih banyak kombinasi warna lainnya.

Bentuk Tubuh

Ini yang membuat ikan Koi berbeda dengan Ikan Mas. Karena telah melalui proses pembiakan yang intensif dan selektif, maka jenis ikan koi telah berkembang dengan bentuk tubuh yang sangat berbeda dari nenek moyangnya.

Sementara ikan mas biasa cenderung lebih pendek dan lebar, terutama di sekitar bagian tengah tubuh, koi cenderung tumbuh lebih panjang.

Koi memiliki bagian tengah tubuh yang tebal dan kepala serta ekor yang cukup sempit sehingga memberi tampilan seperti torpedo.

Ukuran

Perbedaan penting lainnya antara koi dan ikan mas adalah ukurannya. Karena koi telah dikembangkan dalam kondisi ideal, ia cenderung lebih besar daripada ikan mas pada umumnya.

Rata-rata, koi cenderung tumbuh hingga 60-70 cm bahkan ada yang lebih dari 1 meter panjangnya. Sedangkan ikan mas biasanya hanya tumbuh hingga 60 cm saja.

Sirip

Karena koi adalah ikan hias, siripnya juga sangat berbeda dari ikan mas pada umumnya. Sedangkan ikan mas memiliki tulang belakang yang terpisah di siripnya ditambah dengan sirip punggung yang memanjang, koi tidak memiliki tulang belakang pada siripnya. Sebaliknya, koi memiliki sirip mengalir yang indah.

Sisik.

Karena pembiakan selektif, koi memiliki sisik yang lebih kecil, lebih simetris, dan lebih melengkung daripada ikan mas pada umumnya.

Terlepas dari kenyataan bahwa koi berasal dari ikan mas biasa, kedua ras ini sebenarnya cukup mudah dibedakan saat ini.

Selama Anda tahu karakteristik apa yang Anda cari, maka Anda tidak akan kesulitan membedakan koi dan ikan mas. 

Demikianlah, biar singkat semoga bermanfaat..

Salam gilakoi