Ding Liren atau Teimour Radjabov?

Siapakah yang akan bertahta di singgasana catur 2019? Apakah shaolin China Ding Liren ataukah Sang Raja Dari Timur Teimour Radjabov asal Azerbaijan.

Selasa, 1 Oktober 2019 | 20:36 WIB
0
806
Ding Liren atau Teimour Radjabov?
Ding Liren menghadapi Teimour Radjabov (Foto: Chess.com)

FIDE World Cup 2019 benar-benar luar biasa. Menjungkirbalikkan banyak prediksi. Dari awal hingga menjelang akhir selalu diwarnai berbagai kejutan.

Tampilnya GM Teimour Radjabov sebagai finalis sungguh di luar dugaan banyak orang. Bahkan Radjabov sendiri sempat kaget atas pencapaiannya ini. Nama dan eloratingnya tidaklah sementereng lawannya di semifinal, GM Maxime Vachier Lagrave.

Anak muda Prancis itu bukanlah pecatur sembarangan. Sepak terjangnya selalu menebar petaka buat lawan-lawannya. MVL merupakan salah satu ancaman serius bagi sang juara dunia Magnus Carlsen.

Kekalahannya atas Radjabov di semifinal lebih dikarenakan faktor psikologis. Puncak dari kelelahan fisik dan mental membuat permainannya amburadul dan acak-akanan. Dia bermain seperti pecatur warkop. Blunder sana blunder sini dan diakhiri blunder mengerikan yang menamatkan riwayatnya.

Di meja lainnya, kemenangan Ding Liren atas Yu Yangyi memang sesuai skenario. Predikat unggulan pertama yang disematkan padanya bukanlah omong kosong belaka. Rating tinggi yang disandangnya bukanlah isapan jempol semata. Keberhasilan menembus babak final adalah bukti gambaran kualitas yang dimilikinya.

Gelar GM super dan elorating tinggi yang diraih para pecatur elit dunia bukanlah hasil dari kongkalikong tutup mata masuk kantong, beli sana beli sini atau sogok sana sogok sini.

Mereka bukanlah pecatur karbitan. Mereka adalah pecatur yang mengorbit berkat kerja keras yg mereka lakukan selama ini. Bertahun-tahun berkelana, bertualang melanglangbuana dari satu turnamen ke turnamen lainnya demi profesi yang digeluti.

Kini mereka telah menikmati hasilnya. Dan jangan lupakan juga dukungan yang tidak sedikit dari organisasi catur di negara mereka baik dari segi pembinaan maupun pendanaan.

Oke, babak final sedang berlangsung. Siapakah yang akan bertahta di singgasana catur 2019? Apakah shaolin China Ding Liren ataukah Sang Raja Dari Timur Teimour Radjabov asal Azerbaijan.

Kita tunggu.

***