Citra Siap Rebut Medali Emas SEA Games

Untuk meraih medali emas SEA Games, Citra hanya butuh hasil remis saat menghadapi WGM Janelle Mae Frayna dari Filipina pada babak terakhir.

Minggu, 15 Mei 2022 | 06:13 WIB
0
100
Citra Siap Rebut Medali Emas SEA Games
Tim catur Indonesia di SEA Games Vietnam (Foto: Kristianus Liem)

Dari empat pecatur Indonesia yang turun di kategori catur standar SEA Games di Vietnam, WIM Dewi AA Citra yang paling berpeluang besar untuk mendapat medali emas besok pagi setelah menang atas pecatur Filipina WIM Jan Jodily Fronda pada babak ke-8.

Citra sekarang membukukan 6½ poin sementara dua saingannya IM Irene Kharisma Sukandar dan WGM Hoang Thi Bao Tram dari Vietnam menempati peringkat dua dan tiga dengan 6 poin setelah keduanya bermain imbang tadi sore.

Citra hanya butuh hasil remis saat menghadapi WGM Janelle Mae Frayna dari Filipina pada babak terakhir. Saya pikir setelah beberapa langkah, Citra sudah bisa menawarkan remis kepada Frayna yang sudah tidak berpeluang lagi dapat medali baik itu emas, perak maupun perunggu.

Tetapi itu skenario A. Masih ada skenario B. Bagaimana kalau Frayna menolak remis dan tetap fight kemudian menang?

Maka peluang Irene untuk meraih emas jadi terbuka karena lawannya di babak terakhir adalah pecatur Malaysia unggulan kesembilan WIM Puteri Munajjah Az-Zahraa.

Skenario C juga masih ada. Jika Citra dan Irene kalah maka Tram yang juara asalkan menang dari unggulan kedelapan WFM Tan Li Ting dari Malaysia.

Makin ketat

Sebelumnya, melalui pertarungan yang amat mendebarkan dan kalah kualitas sejak langkah ketujuh, akhirnya WIM Dewi AA Citra berhasil menaklukkan pimpinan turnamen WGM Hoang Thi Bao Tram pada babak ke-5 tadi siang.

Jelas ini hasil pekerjaan rumah. Meskipun menang, Citra masih kalah kualitas hingga satu langkah sebelum Tram menyerah yang kelihatan puyeng melayani manuver-manuver yang diperagakan Citra sepanjang laga berlangsung.

Di meja lain IM Irene Kharisma Sukandar juga berhasil menaklukkan pecatur Malaysia WFM Tan Li Ting membuat persaingan memperebutkan medali emas semakin sengit dalam 4 babak ke depan.

Ada 5 pecatur sekarang sama-sama membukukan 3½ poin yaitu WIM Dewi AA Citra, IM Irene Kharisma Sukandar, WGM Hoang Thi Bao Tram (Vietnam), WGM Vo Thi Kim Phung (Vietnam) dan WIM Jan Jodilyn Fronda (Filipina).

Pada babak ke-6 sore ini Citra akan berhadapan dengan pecatur Malaysia WIM Azhar Puteri Munajjah sementara Irene bertemu WGM Vo Thi Kim Phung.

***