Alireza Ngapain Aja

Ada berita di twitter bahwa pelatih Alireza sekarang adalah GM Vladimir Kramnik.

Senin, 18 April 2022 | 08:36 WIB
0
95
Alireza Ngapain Aja
Alireza Firouzja (Foto: Twitter)

Photo di bawah ini saya comot dari twitter GM Alireza Firouzja pada 26 Maret lalu. Alireza terlihat tengah menikmati liburan di salah satu pulau di Karibia.

Sampai saat ini menjelang 2 bulan lagi Turnamen Kandidat digelar pada Juni mendatang, tolong dikoreksi kalau salah, Alireza belum sekalipun saya baca ikut turnamen catur klasik.

Bulan Januari lalu pecatur Perancis ini tidak diundang ke turnamen Tata Steel 2022 dengan alasan penyelenggara keberatan dengan uang penampilan yang diminta Alireza.

Memang beredar kabar burung, sejak menempati peringkat dua dunia Alireza memasang tarif khusus jika diundang ke sebuah turnamen.

Menjadi tidak aneh membaca jika pecatur asal Iran berusia 18 tahun ini juga tidak diundang ke turnamen Norway Chess pada akhir bulan Mei mendatang. 

Di turnamen online Meltwater Champions Chess Tour pun nama Alireza tidak terdaftar di dua seri pertama yang sudah digelar. 

Apakah dia diboikot? Entahlah. 

Padahal GM Magnus Carlsen sudah mengatakan bahwa juara dunia ini hanya mau mempertahankan gelarnya jika lawannya adalah Alireza. Di luar itu ogah.

Atau jangan-jangan karena pernyataan ini Alireza sengaja "lenyap" agar bisa benar-benar mempersiapkan dirinya. Sayup-sayup ada berita di twitter bahwa pelatih Alireza sekarang adalah GM Vladimir Kramnik.

Tetapi itu hanya berita sayup-sayup. Saya belum menemukan berita kemana Alireza pergi setelah liburan di Karabia tadi. 

Kalau ada yang tahu bagi-bagi informasi dong.

***