Carlsen Ikut Olimpiade Catur di India

Apa sebenarnya alasan pecatur berusia 31 tahun ini tidak begitu nyaman lagi menjadi juara dunia?

Sabtu, 23 April 2022 | 15:41 WIB
0
99
Carlsen Ikut Olimpiade Catur di India
Magnus Carlsen (Foto: Chess24)

Pernyataan GM Magnus Carlsen bahwa dia tidak lagi ingin mempertahankan gelarnya di Kejuaraan Dunia tahun depan memantik banyak komentar di media sosial.

"FIDE harus meminta Magnus untuk menandatangani surat pernyataan bahwa dia tidak lagi bersedia mempertahankan gelar juara dunianya," tulis salah satu netizen.

Maksudnya agar peserta Turnamen Kandidat di Madrid bulan Juni mendatang tidak terganggu karena pernyataan ini. 

Carlsen sendiri kepada media Norwegia Aftenposten kemarin mengatakan bahwa "Jika tenggat waktunya sekarang, akan jadi sangat, sangat jelas tidak. Tetapi tidak ada salahnya menunggu sampai Turnamen Kandidat selesai lalu membuat keputusan akhir."

Dua hari lalu dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Times of India (TOI) Magnus mengatakan bahwa saat ini dia lebih suka tampil di turnamen seperti Norway Chess atau Olimpiade Catur.

Bermain di turnamen seperti itu membuat pecatur Norwegia ini lebih bahagia daripada bermain di Kejuaraan Dunia. 

"Saya suka bermain catur tapi tidak suka bermain di Kejuaraan Dunia," ujarnya.

Apa sebenarnya alasan pecatur berusia 31 tahun ini tidak begitu nyaman lagi menjadi juara dunia? Menurut Carlsen yang membuatnya tidak suka adalah apa-apa yang dilakukannya selalu dikaitkan dengan gelarnya itu. 

Misalnya salah satu sponsor utama Magnus sekarang adalah Unibet situs judi online. Kesannya Magnus adalah seorang penjudi. Dan tentu saja masih ada hal lainnya yang membuatnya tidak nyaman.

Saat ditanya apakah Magnus akan mengambil bagian di Olimpiade Catur 2022 di Chennai? Magnus menjawab begini: 

"Untuk saat ini, saya hanya bisa mengatakan bahwa kemungkinan besar saya akan ambil bagian di dalamnya. Sudah hampir 9 tahun sejak saya mengunjungi Chennai karena saya belum pernah ke sana sejak Kejuaraan Dunia tahun 2013," ujarnya.

***