Irene di Gibraltar, Bagaimana Peluangnya?

Pada babak pertama malam ini mulai pukul 21.00 WIB, Irene akan berhadapan dengan GM Sabino Brunello dari Italia.

Senin, 24 Januari 2022 | 14:30 WIB
0
210
Irene di Gibraltar, Bagaimana Peluangnya?
Irene Kharisma Sukandar di Gibraltar (Foto: Gibraltar Chess Festival)

Pecatur wanita nomor satu Indonesia IM Irene Kharisma Sukandar mengawali tahun 2022 dengan bermain di turnamen "Gibraltar Chess Battle of the Sexes" yang akan digelar pada 24 Januari hingga 3 Februari 2022 di Gibraltar Garrison Library. 

Sebelumnya nama turnamen ini adalah Gibraltar International Chess Festival dan Irene adalah satu-satunya pecatur Indonesia yang 3 kali ikut turnamen ini pada tahun 2028, 2019, dan 2020.

Kini nama turnamen dan formatnya berubah. Tidak lagi berbentuk Open tetapi pertarungan antara 10 pecatur putri dengan 10 pecatur putra yang rata-rata Elo ratingnya pada catur klasik sepadan.

Itulah sebabnya dinamai Gibraltar Chess Battle of the Sexes.

10 pecatur putri yang ikut turnamen ini adalah GM Pia Cramling, GM Mariya Muzychuk, GM Zhansaya Abdumalik, IM Gunay Mammadzada, GM Antoaneta Stefanova, IM Irene Kharisma Sukandar, GM Olga Girya, GM Marie Sebag, IM Marsel Efroimski, IM Jovanka Houska, dan GM Nino Batsiashvili sebagai cadangan.

10 pecatur putra yang menjadi lawan mereka adalah GM Sabino Brunello, GM Bobby Cheng, GM Leandro Krysa, GM Bilel Bellahcene, GM Ravi Haria, GM Joe Gallagher, IM Balazs Csonka, IM Gillan Bwalya, IM Husain Aziz Nezad, IM Eric Rosen dan IM Andrés Merario Alarcón sebagai cadangan.

Hadiahnya sebesar £ 100.000 atau sekitar 1,9 miliar rupiah dengan pemenang menerima £ 75.000 dan yang kalah dapat £ 25.000 yang akan dibagi rata untuk setiap anggota tim.

Pada babak pertama malam ini mulai pukul 21.00 WIB, Irene akan berhadapan dengan GM Sabino Brunello dari Italia.

***