Nasib Sial yang Menimpa Ding Liren

Tidak semua rencana bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan entah kapan pandemi ini akan berakhir sehingga semua pecatur dapat kembali bermain normal.

Kamis, 17 Februari 2022 | 11:23 WIB
0
457
Nasib Sial yang Menimpa Ding Liren
Ding Liren (Foto: Fide)

Jadwal dan tempat leg ke-2 FIDE Grand Prix 2022 telah resmi diumumkan akan digelar pada dari 28 Februari hingga 14 Maret di Beograd, Serbia.

Kembali nama GM Ding Liren tidak tercantum di dalam daftar peserta setelah dia absen di leg pertama. Tempatnya digantikan oleh pecatur Rusia GM Dmitry Andreikin sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pembatasan perjalanan yang diberlakukan pemerintah China karena pandemi yang berkepanjangan membuat karier pecatur berusia 29 tahun ini selama dua tahun terakhir mandek secara dramatis. 

Peringkat 2 dunianya juga harus direlakan diambil alih oleh GM Alireza Firouzja karena Ding Liren tidak pernah lagi bermain di turnamen resmi catur standar.

Baik FIDE maupun Ding Liren bukannya tidak berusaha, namun ada hambatan yang sulit diatasi yang menghalangi Ding Liren ikut turnamen di luar negaranya.

Seperti diketahui, hanya dua dari tiga turnamen Grand Prix ini yang dapat diikuti oleh satu pemain dan FIDE tadinya berharap Ding Liren bisa ikut leg kedua dan memberikan prioritas kepadanya jika ada pemain lain yang mengundurkan diri di leg ketiga. 

Namun tidak semua rencana bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan entah kapan pandemi ini akan berakhir sehingga semua pecatur dapat kembali bermain normal tanpa terganggu oleh halangan non teknis seperti ini.

***