Apa yang Harus Anda Berikan sebagai Pakan Ikan Koi?

Ikan koi bisa bertahan meski di musim dingin tanpa makan karena metabolisme mereka melambat.

Minggu, 2 Mei 2021 | 02:26 WIB
0
20
Apa yang Harus Anda Berikan sebagai Pakan Ikan Koi?
Memberi makan pada Koi perlu pakan yang berkualitas

Apa yang harus Anda berikan sebagai makanan untuk ikan koi Anda?

Sebenarmya itu Itu tergantung pada umur ukuran dan musimnya. Dan tentu saja, anda juga harus mempertimbangkan berapa anggaran biaya untuk membeli makanan ikan koi anda.

Pada umumnya, Anda bisa memberi makan Koi apa saja yang yang biasa digunakan untuk memberi makan pada ikan mas.

Kedua spesies ikan tersebut secara teknis adalah serumpun dengan ikan mas dan akan memakan apa saja yang organik seperti sayuran, krill dan plankton, sereal untuk sarapan, daun-daun mati dlsb. Sebut sajabahwa mereka adalah ibarat pemakan segala.

Jika Anda membeli makanan koi, sebaiknya anda juga mempertimbangkan kualitasnya untuk perawatan Koi agar dapat tumbuh dengan baik.

Beberapa formula memiliki khasiat untuk meningkatkan kualitas warna, dan selain itu juga diperkaya dengan berbagai vitamin untuk meningkatkan kekebalan yang baik pada ikan koi Anda.

Tips Pakan Koi untuk Pertumbuhan

Bagian terbaik dari memelihara ikan koi adalah memberi mereka makan. Melihat mereka muncul ke permukaan dan bahkan makan dari telapak tangan anda adalah pengalaman ikatan terbaik antara ikan Koi dan pemiliknya.

Konon, ikan Koi memiliki ingatan sekitar tiga menit, namun mereka bisa belajar mengenali tempat bisa mereka diberi pakan.

Bicara tentang memori selektif,  terdapat beberapa  tips untuk membantu Anda menjadi wajah favorit yang dinanti Koi Anda, meskipun mereka selalu lupa nama anda.

1. Beri makan ikan Koi anda hingga empat kali sehari. Beri mereka makan sebanyak yang mereka bisa makan dalam waktu sekitar lima menit saja. Ikan koi memakan apa saja, mulai dari serangga kecil dan serangga, tanaman dan ganggang di dasar kolam ikan, hingga makanan ikan koi yang anda beli di toko. Koi bahkan juga makan makanan orang. Mereka suka sereal, selada, udang, nasi, kacang polong, semangka, pokoknya apa saja yang kita suka, ikan koi menganggapnya makanan.

2. Hindari memberi makan ikan koi Anda sebelum hari mulai hujan. Ikan membutuhkan lebih banyak oksigen saat mencerna makanan. Saat hujan, kadar oksigen di udara turun, jadi Anda bisa melihat mengapa nafsu makan Koi memburuk.

3. Koi yang sedang tumbuh akan mengingat Anda sebagai pengumpan mereka hanya dalam waktu singkat. Beri makan mereka secara konsisten dan mereka akan mulai menyambut anda saat Anda mendekati kolam.

4. Ikan koi Anda yang lebih kecil perlu makan serpihan atau makanan koi dengan ukuran kecil. 

5. Ikan koi lebih menyukai makanan yang kaya akan karbohidrat dan protein terutama di awal musim panas. Waktu memberi makan ikan koi memang menyenangkan. Nikmati waktu spesial dengan koi kesayangan Anda yang sedang tumbuh!

6. Ikan koi bisa bertahan meski di musim dingin tanpa makan karena metabolisme mereka melambat

7. Memberi makan ikan koi tidak disarankan jika aerator rusak sehingga kadar oksigen yang larut di dalam air berkurang karena Koi Anda membutuhkan oksigen untuk mencerna makanannya.

***