Arianne Caoili, Istri GM Levon Aronian Meninggal Dunia

Apakah ia pernah bermain catur melawan Levon? Sambil tertawa Caoili mengatakan ia tak akan sebodoh itu untuk melawan suaminya bermain catur. Kelas mereka jelas jauh berbeda.

Selasa, 31 Maret 2020 | 11:37 WIB
0
392
Arianne Caoili, Istri GM Levon Aronian Meninggal Dunia
Aronian dan Caoili (Foto: Aronian's Facebook)

Kabar duka datang dari Armenia dini hari tadi. WIM Arianne Caoili (33), istri dari GM Levon Aronian meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit selama dua minggu akibat kecelakaan mobil.

Tanggal 15 Maret lalu, Arianne sedang mengendarai mobil SUV-nya di Sebastia Street saat dia kehilangan kendali dan menabrak penghalang beton di bawah jembatan membuat mobilnya ringsek di bagian depan.

Tim penyelamat mengevakuasi Caoili ke Pusat Medis Astghik. Dokter mengatakan saat itu kondisi Arianne sangat serius dan kabar sedih itu pun akhirnya diberitakan Levon lewat twitternya.

"I have no words to express the grievance over my wife Arianne's death. She was intelligent , hard working and joyous person that lived a beautiful life. I love you honeybun, sleep tight...."

Saya pernah menulis tentang wanita cantik ini. Arianne adalah pecatur Filipina bergelar WIM yang kemudian hijrah ke Australia. Arianne lahir di Manila, 22 December 1986 dari ayah Filipina dan ibu keturunan Belanda.

Arianne Caoili mulai bermain catur sejak usia enam tahun. Awalnya dia terpesona dengan permainan asah otak ini setelah menyaksikan kakak kelasnya yang sedang bermain catur di perpustakaan sekolah sehingga dia pun mulai mempelajarinya.

Pada tahun 2000, saat ulang tahunnya yang ke-14, Arianne memenangi Kejuaraan Asia Junior U-16. Tahun 2004 Caoili hijrah ke Australia untuk fokus melanjutkan sekolah meskipun masih tetap aktif bermain catur.

Tahun 2009 dia menjuarai London Chess Classic Women's Invitational di mana Arianne Caoili mencetak 8 poin dari 9 babak, unggul 2 poin dari peringkat dua di bawahnya.

Arianne telah bermain di Olimpiade Catur sebanyak tujuh kali. Dua kali mewakili Filipina dan lima kali dengan membawa bendera Australia.

Arianne bertemu Levon di Las Palmas saat berlangsungnya Kejuaraan Dunia Junior tahun1996. Tetapi mereka mulai berpacaran sejak tahun 2006 dan resmi menikah pada 30 September 2017.

Selain catur, Caoili juga pintar menari. Ia meraih runner-up di acara TV BBC yang populer di Australia: "Dancing with the Stars" musim ke lima. Selain menari, Arianne senang menyanyi dan telah mempunyai album musik jazz sendiri.

Setelah menamatkan kuliahnya, Arianne kemudian bekerja di sebuah perusahaan konsultan global sambil melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Arianne menyelesaikan studi pasca sarjana di Oxford tahun 2017 dan meraih gelar Ph.D. Disertasi doktoralnya mengenai kebijakan luar negeri Rusia, terutama hubungan ekonomi dan bisnis dengan Armenia.

Saat ditanya pendapatnya tentang Levon Aronian, Arianne mengatakan bahwa karakteristik yang paling menonjol dari Levon adalah dia sangat suka belajar. Ia juga suka tertawa. Pembawaannya santai, tenang, lucu, senang bertualang, selalu ingin tahu dan tidak pernah membosankan.

Apakah ia pernah bermain catur melawan Levon? Sambil tertawa Caoili mengatakan ia tak akan sebodoh itu untuk melawan suaminya bermain catur. Kelas mereka jelas jauh berbeda.

Kini Arianne Caoili telah pergi. Semoga Tuhan memberikan dia tempat yang layak disisi-Nya.

***