Manfaat dan Biaya Operasi Lasik Mata yang Harus Kamu Ketahui

Rabu, 5 Juni 2024 | 19:28 WIB
0
24
Manfaat dan Biaya Operasi Lasik Mata yang Harus Kamu Ketahui
Ilustrasi Operasi Lasik Mata.

PepNews - Operasi lasik merupakan metode mengatasi gangguan mata yang popular saat ini. Prosedur tersebut yaitu, pembedahan yang menerapkan laser dalam memperbaiki fungsi penglihatan mata.

Operasi lasik bertujuan untuk memperbaiki bias mata dengan membentuk kembali kornea mata. Sehingga dengan operasi lasik, cahaya akan jatuh pada kornea sehingga benar-benar fokus pada retina.

Sehingga bila operasi lasik sudah dilakukan, dapat menghilangkan kebutuhan kacamata atau lensa kontak dan meningkatkan fungsi mata lebih baik lagi.

Bila merujuk situs American Academy of Ophthalmology, operasi lasik adalah jenis operasi refraktif yang dimaksud prosedurnya menggunakan laser untuk mengobati masalah penglihatan.

Adapun selama proses operasi lasik, tetes mata khusus digunakan untuk membuat mata mati rasa. Selanjutnya, kornea mata diperbaiki dengan cincin hisap.

Sementara itu, selaput tipis, bulat dan mengganjal akan dipotong di lapisan luar kornea dengan alat khusus. Sedangkan, lapisan ini tidak akan dihapus seluruhnya namun ditarik kembali dan dokter bedah akan memperbaiki pada jaringan yang  berada di bawahnya.

Kemudian pembentukan kornea berbeda antara satu pasien dan yang lainnya, didasarkan dengan kebutuhan dan masalah penglihatan yang mendasarinya.

Usai pembentukan itu, penutup kornea akan diposisikan kembali dan dibiarkan untuk menyembuh sendiri. Tak ada jahitan di dalam proses operasi lasik.

Sebelum melakukan prosedur ini tentu diperlukan konsultasi awal dengan dokter mata. Karena dalam beberapa kasus operasi lasik bisa menimbulkan efek samping seperti mata melotot, penglihatan ganda atau gangguan penglihatan di malam hari.

Di samping itu karena ini prosedur pembedahan, tentu ada resiko komplikasi atau infeksi kornea. Kehilangan atau kerusakan permanen juga mungkin bisa terjadi.

Pastikan kondisi kamu aman dan sesuai untuk melakukan prosedur operasi lasik dengan memastikannya kepada dokter terlebih dahulu.

Untuk melakukan oeprasi Lasik ada persyaratan umum yang harus dipenuhi:

-Pertama, usia 18 tahun ke atas

-Kedua mata dalam keadaan sehat

-Melepas soft contact lens setidaknya 14 hari atau hard contact lens setidaknya 30 hari sebelum operasi lasik

-Tidak sedang hamil atau menyusui

-Tidak menderita penyakit tertentu, seperti diabetes, glaukoma, lupus, rheumatoid arthritis, herpes di sekitar mata atau katarak

Manfaat Operasi Lasik Mata

Dibahas sebelumnya, operasi lasik tentu sebuah prosedur bedah yang mempunyai risiko dan komplikasi. Jadi meski banyak testimoni yang merasa sangat terbantu dengan operasi lasik, prosedur ini tidak sepenuhnya bebas risiko.

Namun, memahami manfaat dari operasi lasik ini tentu diperlukan supaya tujuan lebih terarah. Beberapa manfaat sekaligus kelebihan operasi lasik adalah seperti berikut:

1.Koreksi penglihatan

Operasi Lasik sangat efektif untuk mengatasi kesalahan bias pada mata. Misalnya, rabun dekat atau rabun jauh.

2.Minim rasa sakit

Prosedur operasi tentu sering dikaitkan dengan rasa sakit pasca tindakannya. Karena jika kita membayangkan proses pembedahan tentu tindakan yang cukup menakutkan untuk beberapa orang. Tapi berbeda dengan operasi lasik yang minim rasa sakit.

Anestesi atau bius yang diberikan dalam bentuk obat tetes mata. Apalagi operasi lasik dengan teknologi yang semakin canggih tentu tidak melibatkan jahitan dalam proses tindakannya.

3.Pemulihan yang cepat

Sebagian kasus, setelah melakukan lasik mata, mata pasien akan kembali stabil hanya dalam hitungan hari. Apalagi untuk masalah penglihatan yang ringan, hasilnya akan lebih cepat dirasakan oleh pasiennya.

4.Tak Harus Pakai Kacamata Atau Lensa

Prosedur operasi lasik yang berhasil akan membebaskan pasien untuk tidak lagi ketergantungan dengan kacamata atau lensa kontak sebagai alat bantu penglihatan. Tindakan itu bermanfaat bagi mereka yang punya alergi dengan lensa kontak atau mereka yang berprofesi tidak diperbolehkan menggunakan lensa kontak atau kacamata dalam proses bekerja.

Biaya Operasi Lasik

Setelah siap dengan segala proses, memahami risiko serta manfaat dari operasi lasik, tentu biaya jadi hal penting selanjutnya yang perlu dipersiapkan.

Di Tanah Air, operasi lasik mata punya biaya sekitar 7 juta sampai 30 juta rupiah per mata. Sehingga jika kedua mata yang mengalami gangguan penglihatan, biaya tersebut perlu dikalikan dua.

Kisaran biaya ini biasanya sudah termasuk dengan jasa konsultasi dokter dan obat-obatan pra operasi hingga pasca tindakan lasiknya.

Tetapi, beberapa tempat ada juga yang memisahkan harganya. Jadi perlu survei ke beberapa tempat untuk bisa menentukan mana rumah sakit yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Lalu, lokasi operasi dan jenis operasi lasik yang dipilih juga mempengaruhi besaran harganya.