Sudah Waktunya Alih Profesi

Senin, 13 Maret 2023 | 11:13 WIB
0
71
Sudah Waktunya Alih Profesi
image ; kulinermalang.com

Banyak orang yang memilih beralih karier meski jalur kariernya sudah berada pada tahap stabil. Karena mereka tidak ingin menghabiskan sisa hidup mereka terjebak antara pekerjaan dan kelelahan. Namun, kebanyakan dari kita bahkan tidak mengenali tanda-tanda bahwa kita harus berganti pekerjaan. Mari kita periksa apakah Anda memiliki tanda-tanda berikut ini!

Mengubah tempat kerja tidak selalu mudah, mengubah karier jauh lebih perlu dikhawatirkan, dipikirkan, dan dipersiapkan. Namun, dengan rencana dan strategi yang tepat, Anda benar-benar dapat berhasil, di mana pun Anda berada dalam karier atau berapa pun usia Anda.

Mengungkap tanda-tanda bahwa Anda harus mengubah pekerjaan Anda saat ini

Tanda Anda harus berganti pekerjaan

Merasa tertekan, tidak berminat bekerja meski lingkungan kerja berubah merupakan tanda yang harus diwaspadai
Anda mengeluh tentang pekerjaan yang Anda lakukan sepanjang waktu, di mana saja: Anda benar-benar tidak ingin melakukan pekerjaan Anda lagi, di perusahaan mana pun Anda bekerja.

Pekerjaan membuat Anda gila: Anda mengalami tanda-tanda stres yang dapat Anda hilangkan dengan apa pun selain bekerja.

Merasa bosan dan terganggu: Anda kurang menyelesaikan pekerjaan pada hari kerja biasa atau menunda-nunda melakukan tugas-tugas penting. Dengan berlalunya hari, Anda tidak lagi menemukan kegembiraan dalam pekerjaan atau dari teman dan kolega di sekitar.

Anda tidak menemukan jalur kemajuan dan pengembangan karier yang tepat untuk Anda: Anda menyadari kemampuan, kepribadian, atau impian Anda bertentangan atau tidak sesuai dengan apa yang perlu dilakukan untuk mengembangkan pekerjaan Anda Saat ini.

Anda mulai takut pergi bekerja pada Senin pagi – atau setiap pagi: Ini bisa menjadi sinyal bahwa Anda sedang menghadapi ketakutan atau stres yang meningkat di tempat kerja.

Terus-menerus berpikir untuk berhenti atau pensiun: Meskipun kita semua berpikir untuk berhenti dari waktu ke waktu ketika menghadapi kesulitan. Namun, jika pemikiran ini bertahan lama, itu adalah salah satu tanda bahwa Anda tidak cocok dengan pekerjaan Anda saat ini.

Tanda Anda harus berganti pekerjaan

Stres dan pikiran obsesif tentang keinginan untuk menyerah juga merupakan tanda yang perlu Anda waspadai
Hal-hal yang perlu dipahami sebelum berganti karir
Mengubah karir sangat berbeda dari berpindah pekerjaan. Job hopping hanya mencari tempat baru untuk bekerja, tapi masih melakukan pekerjaan yang sama. Sedangkan jika Anda memilih untuk berpindah karir, Anda akan beralih ke profesi yang benar-benar baru atau posisi pekerjaan yang berbeda dari sebelumnya.

Mengubah karir membutuhkan pelatihan ulang atau memperbarui, menambah pengetahuan baru untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan baru.

Mengubah karier juga berarti memulai jalur karier baru. Itu sebabnya mengubah karier membutuhkan keberanian, tekad, dan persiapan.

Apakah anda siap untuk perubahan?

Kita sering dituntun untuk berpikir bahwa seseorang tidak dapat berhasil jika beralih ke profesi yang sama sekali berbeda dari apa yang telah mereka pelajari dan lakukan sejak lama. Gagasan ini sama sekali tidak benar.

Kita semua bisa berubah jika kita mau. Pada saat yang tepat, kenali tanda-tanda yang harus mengubah pekerjaan saat ini dan bersiaplah dengan cukup. Bagian tersulit dari proses ini adalah meyakinkan diri sendiri bahwa Anda siap untuk berubah dan Anda bisa!

Jika anda ingin agar proses ganti pekerjaan berhasil dengan baik, anda dapat mengikuti program alih profesi bersama arkedemi. Terdapat beberapa pilihan profesi yang bisa anda pilih. 

Demikianlah semoga anda sukses dalam berkarir