Comedia de Una Madrugada

Episode kali itu memang berjudul Erick Tohir Sekolah di Amerika. Tentu, becandaan menyangkut sana, menyangkut sini, termasuk Sirkuit Mandalika Lombok yang dimeriahkan dengan Pawang Hujan.

Kamis, 21 April 2022 | 05:19 WIB
0
43
Comedia de Una Madrugada
Erick Tohir di acara televisi (Foto: dok. pribadi)

Madrugada dalam bahasa Spanyol itu rentang waktu antara tengah malam sampai matahari terbit. Kata ‘Madrugada’ itu memang khas Spanyol dan mungkin juga Portugis, lantaran dalam bahasa Portugis pun ada pula kata Madrugada.

Ada kehidupan di waktu tengah malam sampai larut pagi. Di Spanyol, memang diyakini ada “kehidupan” di rentang waktu Madrugada antara tengah malam sampai tengah hari . Kehidupan itu bisa berupa hiburan malam, musik, nonton sandiwara, komedi dan juga tentunya... romansa cinta. Hidup lewat tengah malam, di Spanyol dan juga mungkin Portugal, memang sesuatu.

Madrugada di Indonesia memang hanya singkat. Terjadi setelah “lingsir wengi” (lepas tengah malam) sampai subuh. Itupun hanya terjadi setahun sekali, pas hari-hari puasa. Televisi Indonesia diramaikan dengan acara hiburan, menemani orang memasak untuk sahur jelang subuh, agar seharian bisa penuh berpuasa sampai azan magrib.

Minggu (17/4/2022) subuh, tema komedi di salah satu stasiun televisi yang mengetengahkan Raffi Ahmad, Eko Patrio dkk mengundang Menteri BUMN yang dulu dikenal sebagai pemilik klub raksasa Italia, Inter Milan, Erick Tohir.

Dan tentu, jarang terjadi, menteri yang sehari-hari bermuka serius di kabinet itu terlihat ketawa melulu. Bahkan bisa terkekeh, dikerjain Raffi, Eko dan kawan-kawan. Bahkan sampai joget dangdutan dengan Mpok Alfa, juga bercanda dengan komedian cantik pemain sinetron, Angie.

Episode kali itu memang berjudul Erick Tohir Sekolah di Amerika. Tentu, becandaan menyangkut sana, menyangkut sini, termasuk Sirkuit Mandalika Lombok yang dimeriahkan dengan Pawang Hujan. Rara Istiati Wulandari, si pawang memang nggak hadir. Hanya saja, sudah luas diberitakan Rara, hadir di Mandalika atas pilihan Erick Tohir.

Kenapa bawa pawang ke sirkit dunia? “Itu kearifan lokal saja...,” kata Erick, yang mengatakan Mandalika malah menjadi populer di dunia, karena kehadiran si pawang. Kalau toh pro kontra, itu tentu hal biasa...

Apalagi di panggung “Comedia de una Madrugada...,” seperti komedi yang setiap hari digelar oleh Raffi Ahmad dkk di televisi AN teve selama bulan puasa kali ini . Isinya becanda belaka. Ngga perlu serius berkerut menontonnya...

JIMMY S HARIANTO (17/04/2022)

***