Raffi Ahmad Tahan Irene Remis

MURI mencatat pertandingan Irene vs Raffi sebagai pertandingan catur pertama yang digabung dengan drifting mobil. Playing Chess in a Drift Car!

Senin, 5 April 2021 | 08:44 WIB
0
188
Raffi Ahmad Tahan Irene Remis
Irene dan Raffi (Foto: Arsip Irene)

Ini cuma hiburan yang memadukan olahraga otomotif dengan catur. Tidak ada yang salah karena tujuannya adalah untuk mempopulerkan kedua olahraga ini terutama untuk kalangan anak muda.

Jadi ceritanya, saat bertanding catur dengan IM Irene Kharisma Sukandar tadi sore, Raffi Ahmad menggunakan papan catur sementara Irene berada di dalam mobil yang dikendarai pembalap nasional Akbar Rais ngepot-ngepot di arena.

Irene bermain catur buta tanpa melihat langsung papan dan buah catur. Irene hanya menyebutkan kode langkah atau notasi untuk menggerakkan bidak catur dengan bantuan orang lain.

Irene yang memegang buah Putih memulai dengan langkah e4. Pecatur wanita nomor satu Indonesia ini tentu saja bukan lawan sepadan Raffi namun sebagai konsekuensinya, selain bermain catur buta, Irene juga harus menghadapi rasa pusing berada di dalam mobil yang dikendarai Akbar secara drifting tadi.

Setelah berlangsung lebih dari 15 menit, Irene pun menawarkan remis kepada Raffi. Idealnya memang pertandingan ini berlangsung 3 menit atau maximum 5 menit. Tawaran itu langsung disambut gembira Raffi yang sudah menyangka bakal kalah. Pertandingan hanya berlangsung dalam satu babak saja.

Hadiah sebanyak 100 juta rupiah untuk pemenang dan 20 juta rupiah untuk yang kalah kemudian dibagi dua.

Namun Raffi kemudian menyebut mengikhlaskan 60 juta rupiah untuk disumbangkan kepada mantan atlet catur.

Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat pertandingan Irene vs Raffi sebagai pertandingan catur pertama yang digabung dengan drifting mobil. Playing Chess in a Drift Car!

***