Medina dan Piala Dunia

Medina harus bersabar sampai tahun 2020 untuk bisa bermain di Piala Dunia Catur Wanita ini.

Senin, 3 Juni 2019 | 12:38 WIB
0
374
Medina dan Piala Dunia
Susanto dan Medina (Foto: Antaranews)

Semua media di Indonesia yang memberitakan kemenangan GM Susanto Megaranto dan WGM Medina Warda Aulia di turnamen Eastern Asia Chess Championship FIDE Zone 3.3 yang berlangsung di Ulaanbator, Mongolia, di bulan Mei lalu menulis bahwa Susanto dan Medina lolos ke Piala Dunia.

Benarkah demikian? Untuk Susanto Megaranto memang benar karena ia akan berlaga di Piala Dunia yang akan diselenggarakan pada 9 September hingga 2 Oktober 2019 mendatang di Khanty-Mansiysk, Rusia,

Bagaimana dengan Medina? Nanti dulu. Piala Dunia Wanita 2019 tidak ada di daftar turnamen resmi FIDE. Itu berarti turnamen ini kemungkinan besar akan digelar tahun 2020. Dan memang benar.

Setelah saya teliti di website resmi FIDE, turnamen ini akan berlangsung di Minsk, Belarus pada 21 September hingga 15 Oktober 2020. Itu berarti lebih dari satu setengah tahun lagi.

Di regulasi turnamen Eastern Asia Chess Championship FIDE Zone 3.3 di Mongolia yang dijuarai Medina tertulis : The winner of the Women’s section shall qualify for the Women’s World Championship. Hanya itu. Tidak disebut waktu dan tempatnya.

Baca Juga: Irene Incar Piala Dunia Catur 2020

Padahal di peraturan FIDE yang baru Women’s World Championship sudah tidak ada lagi karena sudah diganti namanya menjadi Women's Knockout World Cup. Itu berarti semua pecatur yang lolos kualifikasi Women's World Championship otomatis akan di transfer ke Women's World Cup 2020.

Jadi Medina harus bersabar sampai tahun 2020 untuk bisa bermain di Piala Dunia Catur Wanita ini.

Dan jika Irene bisa juara di Asian Continental Women's Championships Zona Asia 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, 3.5, 3.6, dan 3.7 yang akan digelar pada 7-15 Juni 2019 di Xingtai, China, maka ada dua pecatur putri Indonesia yang berlaga di Piala Dunia.

***