Magnus Carlsen Paling Ditunggu di India

Ada banyak hal yang bisa saya sarankan tetapi hanya ada satu hal penting yang ingin saya katakan: catur sangat menyenangkan, jadi nikmatilah!

Kamis, 28 Juli 2022 | 12:21 WIB
0
122
Magnus Carlsen Paling Ditunggu di India
Magnus Carlsen (Foto: Twitter.com)

Olimpiade Catur ke-44 di Chennai, India tinggal 1 hari lagi. Kedatangan pecatur terbaik di planet ini GM Magnus Carlsen paling ditunggu-tunggu para penggila catur di negara itu.

Mereka sudah tidak sabar untuk melihat pecatur berusia 31 tahun itu beraksi di atas papan. Bagi Magnus sendiri Chennai sangat istimewa karena di kota inilah untuk pertama kalinya 9 tahun lalu dia merebut gelar juara dunia dari GM Vishy Anand.

Menyambut kedatangan Magnus di India, Deccan Herald mewawancarai juara dunia itu secara eksklusif. 

Magnus Carlsen bicara tentang Chennai, berbagi pandangan tentang peluang negaranya, lawan tangguh di Olimpiade, dan para pecatur muda India. Berikut petikannya:

Deccan Herald (DH): Mengapa Anda pada akhirnya memutuskan untuk tidak mempertahankan gelar di kejuaraan dunia berikutnya? 

Magnus Carlsen (MC): Bagi saya itu adalah keputusan yang sangat sederhana. Saya tidak lagi termotivasi untuk bermain di kejuaraan dunia, sebenarnya saya sudah lama tidak termotivasi. 

DH: Kembali ke Chennai dan tampil di Olimpiade, apakah hal ini membuat Anda bersemangat? 

MC: Tentu saja. Saya sangat senang kembali ke Chennai setelah 9 tahun lalu merebut gelar juara dunia dari Viswanathan Anand di kota ini. Dari sisi lainnya, ada bagusnya mengunjungi Chennai di mana beberapa pecatur terbaik dunia saat ini berasal. Tamil Nadu atau katakanlah Chennai adalah salah satu pusat catur terpanas di dunia saat ini. Jadi untuk berada di sana dan menjadi bagian dari pesta catur seperti Olimpiade pasti sangat menyenangkan. 

DH: Bagaimana Anda melihat peluang tim Anda nanti? 

MC: Saya pikir peluang tim kami lebih baik dari sebelumnya. Kami memiliki tim kuat yang belum pernah kami miliki sebelumnya dan kami akan bersaing untuk merebut medali. Saya sangat bersemangat tentang prospek tim ini.

DH: Tim mana yang Anda kategorikan sebagai tim tangguh di sini? 

MC: Tim AS jelas adalah favorit juara dan selain itu ada banyak tim yang kuat. Polandia cukup bagus, India jelas sangat kuat. Saya sangat terkesan dengan tim kedua India yang diwakili banyak pemain muda terbaik di dunia saat ini dan saya pikir mereka memiliki peluang untuk meraih medali nanti.

DH: Berbicara tentang pecatur muda, siapa yang membuat Anda terkesan? 

MC: Alireza Firouza memiliki bakat catur yang luar biasa. Dari India ada Gukesh dan Praggnanandhaa. Saya secara pribadi menyukai Gukesh dan saya sangat terkesan dengannya. Dia bermain catur dengan cara yang sangat saya sukai. Hasil pencapaian anak-anak muda India saat ini sangat mengesankan. 

DH: Bagaimana perkembangan catur di Norwegia?

MC: Saya akan mengatakan catur sangat bagus di Norwegia selama 10 tahun terakhir. Anak-anak muda maupun orang dewasa, jumlahnya meningkat secara signifikan dan melihat perkembangan itu sangat menyenangkan. 

DH: Berapa banyak waktu yang Anda curahkan untuk berlatih catur? 

MC: Tergantung. Jika sedang tidak mengikuti sebuah turnamen, saya hanya meluangkan waktu setiap hari untuk memeriksa partai-partai terbaru. Hari-hari lain saya menghabiskan berjam-jam tergantung suasana hati.

DH: Bagaimana dengan kebugaran mental dan fisik? 

MC: Sekitar 5 sampai 6 tahun yang lalu saya sangat menyukai Yoga tetapi saya belum berlatih untuk beberapa waktu sekarang. Untuk kebugaran fisik, saya memang senang berolahraga. Saya melakukannya karena saya menyukainya. 

DH: Nasihat apa yang akan Anda berikan kepada anak-anak muda yang ingin bermain catur? 

MC: Ada banyak hal yang bisa saya sarankan tetapi hanya ada satu hal penting yang ingin saya katakan: catur sangat menyenangkan, jadi nikmatilah!

***