Caruana Terima Tantangan Ian Mainkan Pertahanan Rusia

Kh4 dianggap sebagai temuan baru Caruana di partai ini yang membuat Nepo menghabiskan banyak waktunya untuk berpikir.

Selasa, 28 Juni 2022 | 09:48 WIB
0
64
Caruana Terima Tantangan Ian Mainkan Pertahanan Rusia
Caruana vs Ian (Foto: Maria Emelianova)

Banyak yang bisa dicatat setelah babak ke-9 Turnamen Kandidat 2022 berakhir tadi malam.

GM Ding Liren dan GM Alireza Firouzja akhirnya mampu mencetak poin penuh di turnamen ini setelah masing-masing mengalahkan GM Jan-Krzysztof Duda dan GM Richard Rapport.

GM Teimour Radjabov memecahkan rekor tidak pernah menang dari 36 partai berturut-turut dengan menundukkan GM Hikaru Nakamura.

Tetapi yang menjadi pusat perhatian penikmat catur adalah duel antara GM Ian Nepomniachtchi dengan GM Fabiano Caruana. Pecatur asal AS itu menerima tantangan Nepo untuk menggunakan 1. e4. 

Seperti janjinya Nepo menyambutnya dengan Petroff, pertahanan yang khusus disiapkan Nepo dan timnya untuk menghadapi 1. e4 GM Magnus Carlsen pada kejuaraan dunia 2021.

Jika tidak menemukan sesuatu tentu saja Caruana pasti enggan menghadapi senjata Nepo ini. Benar saja 11. Kh4 dianggap sebagai temuan baru Caruana di partai ini yang membuat Nepo menghabiskan banyak waktunya untuk berpikir.

Namun meski menyimpang dari persiapan rumah, langkah-langkah akurat dari Nepo berhasil menetralisir tekanan Caruana dan partai mereka berakhir remis pada langkah ke-40 melalui pengulangan langkah.

Berikut klasemen setelah babak ke-9. Nepo masih kokoh memimpin satu poin penuh dari peringkat dua yang ditempati Caruana.

1. Nepomniachtchi - 6½

2. Caruana - 5½

3-4. Nakamura, Ding - 4½

5-7. Radjabov, Firouzja, Rapport - 4

8. Duda - 3

Babak kesepuluh akan dimainkan besok setelah para pemain mendapat libur hari ini.

***