Irene Sukses Tekuk GM Sabino Brunello dan IM Gillan Bwalya di Gibraltar

Pada babak ketiga malam ini dimulai pukul 21.00 WIB, Irene akan berhadapan dengan pecatur Qatar IM Husain Aziz Nezad.

Rabu, 26 Januari 2022 | 06:30 WIB
0
404
Irene Sukses Tekuk GM Sabino Brunello dan IM Gillan Bwalya di Gibraltar
Irene Kharisma Sukandar (Foto: John Saunders)

IM Irene Kharisma Sukandar mengawali turnamen Gibraltar Chess Battle of the Sexes dengan dua kemenangan berturut-turut yang mengesankan. 

Pecatur wanita nomor satu Indonesia itu bermain sangat bagus saat menekuk GM Sabino Brunello dari Italia pada langkah ke-45 pembukaan Ruy Lopez di babak pertama, berlanjut kemenangan di babak berikutnya saat menenggelamkan pecatur Zambia IM Gillan Bwalya.

Baik Sabino Brunello maupun Gillan Bwalya benar-benar tidak berkutik menghadapi langkah-langkah taktis Irene. 

Bukan hanya itu, tim Irene juga memenangkan pertarungan pada hari pertama dengan skor 6½-3½ hasil dari empat kali menang, lima kali remis, dan satu kali kalah.

Empat poin penuh tim putri diperoleh lewat kemenangan Irene, GM Olga Girya, IM Marsel Efroimski, dan GM Pia Cramling. 

Mereka masing-masing menundukkan GM Sabino Brunello, GM Joe Gallagher, IM Eric Rosen dan GM Bilel Bellahcene.

Ini memang baru babak pertama, namun jika Irene dan kawan-kawan mampu terus bermain bagus bukan tidak mungkin mereka akan merebut uang hadiah sebesar £ 75.000 atau sekitar Rp1.450 juta rupiah yang dibagi rata untuk setiap anggota tim atau sekitar 145 juta per-orang.

Pada babak kedua malam ini dimulai pukul 21.00 WIB, Irene akan berhadapan dengan pecatur Zambia IM Gillan Bwalya.

Tumbangkan Pecatur Zambia

Pecatur wanita nomor satu Indonesia, IM Irene Kharisma Sukandar, kembali menang pada babak kedua turnamen Gibraltar Chess Battle of the Sexes tadi malam kali ini dari pecatur Zambia IM Gillan Bwalya.

Meski pegang Hitam Irene tampil agresif. Beberapa langkah kurang akurat dari Bwalya membuat Irene berhasil menang kualitas pada langkah ke-31 sekaligus memenangi partainya tiga langkah kemudian. Notasinya bisa dilihat di kolom komentar.

Bukan hanya itu, tim Irene juga menang dengan skor 6½-3½ sama seperti hari pertama hasil dari tiga kali menang dan tujuh kali remis. Irene sendiri menjadi satu-satunya pecatur putri yang menang dua kali dari dua babak.

Tiga kemenangan tim putri didapat lewat Irene, GM Zhansaya Abdumalik, dan IM Gunay Mammadzada. Mereka menundukkan IM Gillan Bwalya, IM Husain Aziz Nezad, dan GM Bilel Bellahcene.

Pada babak ketiga malam ini dimulai pukul 21.00 WIB, Irene akan berhadapan dengan pecatur Qatar IM Husain Aziz Nezad.

***