Alireza Firouzja dan Juga Di Prima

Lagu catur pertama Juga "Oh Capablanca" disambut hangat omkomunitas catur dunia, dianggap oleh banyak profesional dan penggemar catur sebagai lagu catur terbaik yang pernah ditulis.

Kamis, 16 Juni 2022 | 20:21 WIB
0
139
Alireza Firouzja dan Juga Di Prima
Alireza dan di Prima (Foto: Twitter.com)

Wanita di sebelah GM Alireza Firouzja, pecatur muda Perancis ini bukan pacarnya melainkan penyanyi wanita asal Chili Juga Di Prima.

Juga Di Prima akan meramaikan acara pembukaan Turnamen Kandidat 2022 hari ini dengan menyanyikan lagu baru ciptaannya yang diberi judul Open Files di Madrid, Spanyol.

Banyak lagu-lagu ciptaan Di Juga bertemakan catur, misalnya dwitarung Garry Kasparov vs Vladimir Kramnik tahun 2000.  Biasanya ia membawakan lagu-lagu ciptaannya diiringi gitar yang juga dimainkannya 

Selain seorang penyanyi dan pencipta lagu, Di Prima memiliki minat mendalam terhadap catur. Juga adalah penyelenggara Women's Chess Championship di negaranya Chili, pada tahun 2007.

Lagu catur pertama Juga "Oh Capablanca" disambut hangat oleh komunitas catur di seluruh dunia, dianggap oleh banyak profesional dan penggemar catur sebagai lagu catur terbaik yang pernah ditulis. 

Lagu Juga lainnya yang bercerita tentang catur berjudul The Soul of Chess dan Immortal Game. Jika ingin mendengar lagu-lagunya ketik saja Juga Di Prima di YouTube.

***