Soal Kekayaan Uang, Carlsen Jauh Lebih Miskin Dibanding Nakamura

Sungguh luar biasa membandingkan bahwa kekayaan bersih dari juara dunia Magnus Carlsen diperkirakan hanya USD 8 juta atau sekitar 120 miliar rupiah 6 kali lebih kecil dari kekayaan Nakamura.

Sabtu, 2 Juli 2022 | 18:28 WIB
0
244
Soal Kekayaan Uang, Carlsen  Jauh Lebih Miskin Dibanding Nakamura
Hikaru Nakamura (Foto: Stev Bonhage)

Media asal Spanyol EL PAÍS menulis sebuah artikel yang menyebutkan bahwa GM Hikaru Nakamura adalah pemain catur terkaya di dunia saat ini. 

Menurut berbagai sumber, GM berusia 34 tahun ini memiliki kekayaan sekitar USD 50 juta atau sekitar 750 miliar rupiah.

Uniknya hadiah yang diperoleh Nakamura dari turnamen catur persentasenya sangat kecil dibanding dari sumber lainnya.

“Saya malah kehilangan pemasukan uang ikut Turnamen Kandidat,” tutur Naka kepada EL PAÍS beberapa hari yang lalu. Paling tidak dua minggu pecatur AS ini tidak streaming.

Dari mana semua jutaan dolar ini berasal? Nakamura mempunyai lebih dari 1,4 juta follower di Twitch, dan 1,3 juta di Youtube sementara dia sangat populer di Twitter dan Instagram. 

Penghasilan utamanya berasal dari streaming saat Naka sedang bermain catur atau mengomentari partai-partainya. 

Baru-baru ini Nakamura telah menandatangani kontrak dengan Misfits Gaming Group, sebuah perusahaan video game dan olahraga elektronik terkemuka.

Misfits menjamin bahwa Nakamura akan mendapatkan penghasilan tambahan dari platform streaming-nya. 

Selain itu, ia menghasilkan pendapatan besar dari dukungan sponsor minuman energi Red Bull. Dari catur Naka baru saja menjuarai seri Grand Prix di Berlin.

Superstar catur Amerika ini menginvestasikan sebagian besar penghasilannya di saham, dia juga sering berpartisipasi menggalang dana untuk kegiatan amal. 

Sungguh luar biasa membandingkan bahwa kekayaan bersih dari juara dunia Magnus Carlsen diperkirakan hanya USD 8 juta atau sekitar 120 miliar rupiah 6 kali lebih kecil dari kekayaan Nakamura.

**