2 Tahun Tak Main Catur Klasik, Nakamura Masih Menggigit

Berhasil membawa permainan ke partai tie-break catur cepat dan kemungkinan catur kilat, Nakamaru menjadi diunggulkan untuk juara atas Levon Aronian.

Kamis, 17 Februari 2022 | 07:17 WIB
0
434
2 Tahun Tak Main Catur Klasik, Nakamura Masih Menggigit
Levon Aronian versus Hikaru Nakamura (Foto: World Chess)

GM Hikaru Nakamura memang pantas dikagumi karena meski sudah 2 tahun lebih tidak tampil di turnamen catur standar namun pecatur AS ini masih tetap tangguh.

Tadi malam Nakamura kembali menahan remis GM Levon Aronian di laga kedua babak final FIDE Grand Prix Berlin setelah di laga pertama mereka juga bermain imbang.

Itu artinya pertandingan akan berlanjut ke babak tambahan dengan dua partai catur cepat 15'+10" dan jika masih imbang akan ditambah dengan dua partai catur blitz 3'+2".

Partai Armageddon akan menjadi pamungkas jika hasilnya tetap masih imbang juga dengan Putih dapat 5 menit dan Hitam 4 menit namun jika hasilnya remis Hitam dinyatakan sebagai pemenang.

Setelah di laga kedua Aronian sempat diunggulkan untuk menang karena dia pegang Putih, sekarang Nakamura yang jadi favorit karena dia adalah peringkat ke-2 dunia catur cepat sementara Aronian peringkat ke-20.

Seandainya pun pertandingan berlanjut ke babak catur blitz, Nakamura tetap punya peluang besar untuk menang karena dia peringkat 1 dunia sedangkan Aronian peringkat ke-8.

Dua partai cepat malam ini dimulai pukul 21.00 WIB pasti sangat menarik untuk ditonton karena berlangsung relatif lebih cepat.

Pada laga pertama Nakamura akan bermain dengan buah Putih.

Tentang Aronian 

Partai babak pertama antara GM Hikaru Nakamura dengan GM Levon Aronian di babak final FIDE Grand Prix Berlin tadi malam berakhir dengan imbang pada langkah ke-54 pembukaan Ruy Lope

Levon Aronian tampil lebih baik pada fase awal permainan meski pecatur asal Armenia ini pegang Hitam dan bahkan mampu unggul satu bidak pada langkah ke-22

Namun Nakamura mampu menciptakan serangan balik melalui sayap Menteri dengan menciptakan bidak bebas berbahaya di jalur a. Aronian akhirnya lantas memutuskan untuk melakukan pengulangan langkah guna menetralisirnya

Aronian akan pegang Putih pada babak kedua malam ini dan berpeluang untuk memenangkan pertandingan.

Duel ini akan menjadi duel sarat gengsi karena Aronian sekarang menjadi pecatur nomor satu AS versi Live Rating setelah resmi pindah federasi pada November tahun lalu sementara Nakamura di posisi keempat. 

Menurut statistik mereka sudah bertemu 45 kali dengan Nakamura menang 6 kali, remis 25 kali dan kalah 14 kali di Catur Standar.

Dengan berhasil membawa ke permainan catur cepat dan catur kilat, Nakamura, pecatur berdarah Jepang ini masih unggul dari Aronian di nomor ini

***