Remaja Jerman Itu Nyaris Melumat Daniil Dubov

Setelah pecatur nomor satu Jerman ini mencoba sebanyak 40 langkah dan tidak juga menemukan langkah menangnya mereka akhirnya setuju untuk remis.

Sabtu, 5 Februari 2022 | 07:46 WIB
0
570
Remaja Jerman Itu Nyaris Melumat Daniil Dubov
Keymer vs Dubov' (Foto: World Chess)

Ibu kota Jerman, Berlin, menjadi tuan rumah leg pertama Seri Grand Prix FIDE 2022 yang diikuti oleh 16 peserta. Mereka dibagi dalam 4 Pool masing-masing diisi oleh empat pecatur.

Hanya satu pecatur nanti dari setiap Pool yang berhak maju ke babak semifinal setelah mereka bertarung enam babak. 

Pecatur tuan rumah berusia 17 tahun GM Vincent Keymer yang pegang buah Putih nyaris menaklukkan GM Daniil Dubov dari Rusia di Pool C setelah unggul satu Gajah sejak langkah ke-45.

Memang permainan babak akhir Raja, Benteng dan Gajah Keymer menghadapi Raja plus Benteng Dubov secara teori remis tapi dalam prakteknya Putih sering memang dalam posisi seperti itu.

Namun setelah pecatur nomor satu Jerman ini mencoba sebanyak 40 langkah dan tidak juga menemukan langkah menangnya mereka akhirnya setuju untuk remis pada langkah ke-85.

Pairing babak kedua akan mempetemukan: 

Pool A. Bacrot vs Grishuk, Nakamura vs Esipenko 

Pool B. Wojtaszek vs Oparin, Rapport vs Fedoseev

Pool C. Keymer vs Vidit, Dubov vs Aronian

Pool D. Shirov vs Dominguez, Pentala vs So.

Enam belas pecatur telah memulai perburuan mereka untuk mencari 2 tempat di Turnamen Kandidat 2022 di leg 1 Grand Prix FIDE di Berlin.

Ke-16 pecatur ini dibagi dalam 4 pool dan akan berhadapan satu sama lain dua kali dalam catur klasik untuk menentukan juara pool yang akan maju ke babak knock out. Jika poin sama akan diselesaikan dengan catur rapid dan blitz.

Tidaklah berlebihan untuk menjagokan Grischuk, Rapport, Aronian dan Wesley So yang akan maju ke babak semifinal.

Partai-partai mereka ini bisa ditonton secara langsung di Follow Chess dimulai pukul 21.00 WIB.

***