Piala Dunia FIFA U20 2023: Ada Seberkas Titik Terang di Langit Kota Doha

Apakah tugas yang diemban Erick Thohir melobi Présidén FIFA berhasil?

Rabu, 29 Maret 2023 | 20:53 WIB
0
141
Piala Dunia FIFA U20 2023: Ada Seberkas Titik Terang di Langit Kota Doha
Erick Thohir bertemu Presiden FIFA (Foto: facebook.com)

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino di sebuah hotel ternama di Kota Doha, Qatar, pada Rabu (29/3) siang ini waktu setempat.

Seperti kita ketahui Erick Thohir - yang sehari-hari menjabat Menteri BUMN - diutus secara khusus oleh Presiden Jokowi untuk melobi FIFA setelah adanya penundaan drawing (undian babak penyisihan) Piala Dunia FIFA U20 2023 di Gianyar, Bali, yang seharusnya berlangsung pada Jumat (31/3/2023) pekan ini dan pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia resmi FIFA yang untuk pertama kalinya di Indonesia itu akibat penolakan terhadap kehadiran salah satu tim nasional peserta Piala Dunia FIFA U20 2023.

Misi yang diemban Erick Thohir seperti “Mission Impossible” karena FIFA memiliki aturan dasar Law of the Game yang sangat dipegang teguh sampai saat ini terutama prinsip tentang sepakbola tidak boleh dicampur urusan politik.

Melihat wajah Erick Thohir yang sumringah dalam pertemuan yang dijadwalkan berlangsung selama empat jam dengan Gianni Infantino itu seperti ada seberkas titik terang di atas langit Kota Doha.

Raut muka Erick Thohir tampak menunjukkan hati yang gembira, berbeda seratus delapan puluh derajat dibanding saat ia bergegas menuju kabin pesawat pada pukul 1 Rabu dini hari tadi.

Apakah tugas yang diemban Erick Thohir berhasil?

Belum boleh diumumkan, ternyata.

“Presiden Jokowi harus jadi orang pertama yang harus tahu (mendapat laporan langsung dari Erick Thohir),” ungkap sebuah sumber di kalangan wartawan.

Kita tunggu saja laporan langsung Erick Thohir kepada Presiden Jokowi.

Semoga hasilnya seperti yang kita harapkan bersama: Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20 2023 yang akan berlangsung pada 29 Mei - 11 Juni 2023 yang diikuti 24 negara peserta termasuk Tim Nasional U20 Israel. 

***