6 Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Bola voli memiliki tingkat permainan paling dasar sampai lanjut (advance), inilah 6 teknik dasar yang perlu diketahui.

Rabu, 29 Juni 2022 | 07:44 WIB
0
210
6 Teknik Dasar Permainan Bola Voli
Bola voli by tirto.id

pepnews.com - Berikut ini merupakan rangkuman mengenai beberapa peraturan dan teknik dasar dalam permainan bola voli, yang penting untuk dipahami sebelum kalian memainkannya.

Melansir dari combinesia.web.id Olahraga bola voli merupakan sebuah permainan bola besar yang dimainkan beregu yang di mana setiap regu terdiri dari 6 pemain.

Salah satu aturan permainannya, bola voli dilakukan di lapangan berbentuk persegi panjang dan dipisahkan oleh net atau jaring. Lihat gambar lapangan bola voli untuk lebih jelasnya lagi.

Terdapat beberapa tekni dasar dalam permainan bola voli, yaitu sebagai berikut:

1. Passing Atas

Teknik dasar dalam bola voli ini bisa dilakukan dengan cara bersiap dengan sikap normal dan setinggi Wajah.

Teknik passing atas setinggi muka ini dapat dilakukan bersamaan dengan sikap normal, sikap guling ke samping, meloncat, atau bahkan setengah guling ke belakang.

2. Passing Bawah

Teknik dasar passing bawah dalam permainan bola voli bisa dilakukan dengan satu tangan juga bisa dengan menggunakan dua tangan secara bersamaan.

Kedua cara tersebut bisa juga digabungkan dengan sikap normal, guling ke samping, ke depan, maupun setengah guling ke belakang.

3. Smash

Teknik Smash juga dikenal dengan sebutan spike dan dibagi ke dalam beberapa kelompok berdasarkan gerakan bola seperti silang dan lurus, berdasarkan pemberian set up ada open dan smash, semi smash, push smash, quick smash, dan pool straight smash.

Selain itu, ada juga berdasarkan kurva bola, yaitu drive smash, lob smash, top spin smash. Juga berdasarkan saat awalan, ada tanpa awalan, dengan awalan, dengan satu kaki, hingga dengan dua kaki.

4. Set Up

Set up atau teknik mengumpan atau memberikan bola pada teman dapat dilakukan dengan beberapa teknik, yakni ke samping (kanan atau kiri) ke depan atau ke belakang.

Berdasarkan tinggi bola dari net, teknik ini bisa dilakukan dengan secara normal, medium, dan low. Sedangkan posisi set up berdasarkan arah datangnya bola dengan net bisa dilakukan dengan sejajar, vertikal, hingga diagonal.

5. Servis

Berdasarkan arah putaran bola, teknik dasar servis pada bola voli ada teknik top spin, back spin, inside spin, outside spin, dan float. Berdasarkan servis tangan bawah ada back spin, outside spin, inside sin, cutting underhand, dan floating overhead.

Sementara berdasarkan servis atas ada tennis servis, floating overhead, inside spin, outside spin, round house overhead, slinder floating overhead, drive overhead, dan bongarian overhead.

6. Block

Block pada bola voli dilakukan dalam usaha membendung serangan bola yang datang. Berdasarkan gerakan, blok dibagi menjadi aktif dan pasif. Sedangkan berdasarkan jumlah dikelompokkan menjadi satu oran, dua orang, dan tiga orang.

***