Untuk Sementara, Irene dan Citra Bertengger di Puncak

Dengan kemenangannya ini Irene sekarang memimpin turnamen di peringkat pertama dengan 4½ poin disusul oleh Citra dan pecatur Vietnam WGM Hoang Thi Bao Tram di tempat kedua dan tiga juga dengan poin sama.

Sabtu, 14 Mei 2022 | 06:23 WIB
0
274
Untuk Sementara, Irene dan Citra Bertengger di Puncak
Irene Kharisma Sukandar (Foto: Vietnamchess)

Unggulan pertama di nomor catur standard kelompok Putri SEA Games ke-31, IM Irene Kharisma Sukandar bermain sangat sabar saat menghadapi pecatur tuan rumah WGM Vo Thi Kim Phung pada babak ke-6 kemarin.

Bahkan saking sabarnya baru pada langkah ke-91 lawannya benar-benar kalah setelah tertinggal dua bidak dalam permainan babak akhir yang berlangsung dramatis di atas papan.

Di meja lainnya WIM Dewi AA Citra juga ikut bermain sabar saat menghadapi pecatur Malaysia WIM Azhar Puteri Munajjah Az-Zahraa. Perbedaannya Citra mencukupkan perlawanan lawannya pada langkah ke-59.

Dengan kemenangannya ini Irene sekarang memimpin turnamen di peringkat pertama dengan 4½ poin disusul oleh Citra dan pecatur Vietnam WGM Hoang Thi Bao Tram di tempat kedua dan tiga juga dengan poin sama.

Pada babak ketujuh pagi ini Irene akan berhadapan dengan pecatur Thailand WCM Araya Prommuan dan Citra bertemu WGM Gong Qianyun dari Singapura.

Sementara itu IM Mohamad Ervan masih terus memimpin di kelompok Putra dengan 4½ poin setelah bermain remis singkat 11 langkah melawan pecatur Malaysia IM Yeoh Li Tian.

Pecatur asal Paiton Probolinggo Jawa Timur ini dibuntuti dengan ketat oleh GM Nguyen Ngoc Truong Son dan IM Yeoh Li Tian di peringkat dua dan tiga dengan 4 poin.

Ervan akan menghadapi pecatur muda tapi ulet dari Filipina IM Daniel Quizon pada babak ke-7 pagi ini.

Makin Sengit

Sebelumnya, melalui pertarungan yang amat mendebarkan dan kalah kualitas sejak langkah ketujuh, akhirnya WIM Dewi AA Citra berhasil menaklukkan pimpinan turnamen WGM Hoang Thi Bao Tram pada babak ke-5 tadi siang.

Jelas ini hasil pekerjaan rumah. Meskipun menang, Citra masih kalah kualitas hingga satu langkah sebelum Tram menyerah yang kelihatan puyeng melayani manuver-manuver yang diperagakan Citra sepanjang laga berlangsung.

Di meja lain IM Irene Kharisma Sukandar juga berhasil menaklukkan pecatur Malaysia WFM Tan Li Ting membuat persaingan memperebutkan medali emas semakin sengit dalam 4 babak ke depan.

Alhasil, kemarin ada 5 pecatur sekarang sama-sama membukukan 3½ poin yaitu WIM Dewi AA Citra, IM Irene Kharisma Sukandar, WGM Hoang Thi Bao Tram (Vietnam), WGM Vo Thi Kim Phung (Vietnam) dan WIM Jan Jodilyn Fronda (Filipina).

***