Mengenal Brompton dan Alex Moulton

Jika ingin digunakan lagi, penggunan harus merakitnya kembali. Untuk traveling Brompton lebih praktis.

Rabu, 5 Januari 2022 | 06:18 WIB
0
142
Mengenal Brompton dan Alex Moulton
Saya dan Alex Moulton (Foto: dok. Pribadi)

Brompton yang berasal dari London, Inggris adalah sepeda yang dikhususkan untuk wilayah perkotaan, pertama kali dirancang oleh Andrew Ritchie pada tahun 1975. Setiap tahunnya kini Brompton memproduksi lebih dari 45.000 unit sepeda lipat. 

Sepeda bagus ini juga tergolong mahal karena desainnya yang ringkas serta penggunaan material yang kuat dan berkualitas sehingga mudah dibawa kemana-mana. Ukurannya yang kecil setelah dilipat juga menambah nilai plus Brompton karena menghemat tempat bisa masuk kopor khusus saat traveling.

Bompton bukanlah satu-satunya sepeda lipat dengan harga mahal dan kualitas bagus. Masih banyak merek sepeda lipat ternama yang kualitasnya tidak kalah dari Brompton, seringkali berkeliaran di Indonesia namun tak seheboh tren Brompton di antaranya Alex Moulton.

Alex Moulton merupakan merek sepeda yang juga berasal dari Inggris. Sepeda yang diluncurkan sejak tahun 1962 ini didirikan oleh Alexander Eric Moulton. Nama merek sepeda pun diambil dari sang pembuat yang merupakan seorang insinyur asal Inggris. Selain itu, dia juga dikenal sebagai seorang penemu dengan spesialisasi dalam desain suspensi. 

Perusahaan sepeda Alex Moulton bisa dibilang merupakan pionir sepeda dengan roda kecil.

Saat itu, Moulton berpikir bahwa model diamond (bentuk yang umum saat itu) pada sepeda tidak cocok digunakan untuk perempuan terutama untuk berbelanja.

Maka dari itu, dia pun merancang sepeda dengan ban yang lebih kecil serta memakai suspensi agar nyaman digunakan setiap harinya. 

Selain memperkenalkan sepeda dengan ban kecil, Alex Moulton juga menggunakan sistem peredam kejut depan/belakang. Selama bertahun-tahun, sepeda Moulton pun sudah dikembangkan dan terus disempurnakan hingga sekarang menjadi merek sepeda bagus yang cukup bergengsi di seluruh dunia. 

Sebenarnya, sepeda Alex Moulton ini cukup berbeda dengan sepeda lipat lainnya. Pengguna sepeda harus melepas sambungan pada sepeda satu per satu hingga terbagi ke dalam beberapa bagian.

Jika ingin digunakan lagi, penggunan harus merakitnya kembali. Untuk traveling Brompton lebih praktis. 

***