Shin Tae Yong Jebol Gawang Persib

Dulu, terlihat jelas kualitas sepakbola Indonesia hanya kalah tipis di level Asia. Kini, di level Asia Tenggara aja Indonesia kian terpuruk.

Sabtu, 1 Januari 2022 | 18:07 WIB
0
187
Shin Tae Yong Jebol Gawang Persib
Persib melawan klub sepakbola Korea Selatan (Foto: dok. Pribadi)

Saya terbang ke Bangkok 16 September 1995 demi mendukung klub Persib Bandung. Kebetulan, ada 2 pemain seklub saya main di Persib: Nandang Kurnaedi dan Asep Somantri.

Sebagai juara Liga Indonesia 1995, Persib mewakili Indonesia melakoni fase awal Liga Champions Asia.

Leg-1 Persib vs Bangkok Bank bertanding di Chulalongkorn Stadium. Puji Tuhan, Persib menang 2-0 atas juara Thailand itu. Malamnya kami mensyukuri kemenangan. Saya bareng semua pemain Persib, shopping & halan-halan di kota Bangkok.

Lalu, leg-2 di Stadion Siliwangi, Bandung, Persib kalah 0-1. Tapi, agregat 2-1 untuk keunggulan Persib. Karenanya, Persib lolos ke fase berikut melawan Pasay City, juara Philippines.

Sayapun terbang lagi ke Manila 14 Oktober 1995. Fase berikut ini, laga dihelat di Rizal Memorial Stadium. Persib mencukur Pasay City 3-1.

Lalu, saat laga tandang di Stadion Siliwangi Pasay City kalah lagi 2-1. Dengan agregat 5-2, Persib akhirnya lolos ke kwarter final.

Babak perempat final Liga Champions Asia ini dihelat di Stadion Siliwangi, Bandung. Di Grup Asia Timur ini, Persib segrup dengan Ilhwa Chunma (South Korea), Verdy Kawasaki (Japan) & Thai Farmers Bank (Thailand).

Dalam klub Ilhwa Chunma inilah Shin Tae Yong bermain. Saat laga melawan Persib 28 November 1995 itu, STY ikut jadi penjebol gawang Persib (lihat foto). Sayang banget, Persib kalah telak 5-2. Akhirnya, enduransi dan teknik tinggi Ilhwa Chunma ini sukses membikinnya menjadi juara grup.

Dengan 2 klub lainnya, Persib hanya kalah tipis. Persib ditekuk Verdy Kawasaki 3-2. Lalu Persib dipatil Thai Farmers Bank 2-1.

Dulu, terlihat jelas kualitas sepakbola Indonesia hanya kalah tipis di level Asia. Kini, di level Asia Tenggara aja Indonesia kian terpuruk.

Melawan Thailand atau Vietnam di AFF Cup, koq kita jadi ayam sayur?

**"

.