Ding Liren Kembali Ke Peringkat 3 Dunia

Ding Liren berakhir di posisi ke-5 dari delapan peserta, namun berkat tiga kemenangan terakhir, dia kembali menempati peringkat ke-3 dunia di bawah Magnus Carlsen dan Fabiano Caruana.

Kamis, 29 April 2021 | 07:34 WIB
0
121
Ding Liren Kembali Ke Peringkat 3 Dunia
Ding Liren lawan Ian Nepomniatchchi (Lennart Oootes)

Pecatur nomor satu asal China GM Ding Liren telat panas. Tiga babak menjelang turnamen kandidat selesai dia baru mengamuk dengan menyapu semua pecatur Rusia yang turun termasuk GM Ian Nepomniachtchi yang sudah mengunci gelar juara sebelumnya.

Berita buruknya, Ding Liren berakhir di posisi ke-5 dari delapan peserta sementara berita baiknya berkat tiga kemenangan terakhir, dia kembali menempati peringkat ke-3 dunia di bawah Magnus Carlsen dan Fabiano Caruana.

"Saya bermain buruk karena ada masa karantina yang cukup lama dan tidak mempersiapkan terlalu baik untuk paruh pertama turnamen. Untuk paruh kedua saya mempersiapkan diri jauh lebih baik," komentar Ding Liren. Komposisi dan peringkat pemenang bisa dilihat di kolom komentar.

Berita mengejutkan datang dari penghuni paling buncit turnamen GM Wang Hao, 31 tahun. Ia secara resmi mengatakan mundur dari catur profesional.

Salah satu alasannya adalah masalah kesehatan. Tetapi Wang masih tetap bergelut dengan catur dengan menjadi pelatih dan melakukan beberapa pertandingan eksebisi.

Penyelenggara sudah menghitung jumlah hadiah yang akan dibagikan kepada para pemenang. Nepomniachtchi mendapat 107.500 Euro atau sekitar 1,8 miliar rupiah sementara pecatur Belanda GM Anish Giri yang menempati peringkat ke-3 kebagian 64.500 Euro atau sekitar 1,1 miliar rupiah.

Menghitung Uang Hadiah Nepomniachtchi

Sebagai juara turnamen kandidat, GM Ian Nepomniachtchi mendapatkan hadiah uang sebesar 48.000 Euro atau sekitar 840 juta rupiah. Tetapi bukan hanya itu.

Ia juga mendapat uang untuk setiap poin yang didapatnya selama turnamen berlangsung, total uang yang dikantonginya menjadi sebesar 100.000 Euro atau sekitar 1,7 miliar rupiah sudah termasuk hadiah tadi.

Dan yang lebih menggiurkan, Nepom juga sudah dipastikan meraih 800.000 Euro atau sekitar 14 miliar rupiah dari kejuaraan dunia di bulan November mendatang yaitu 40 persen dari total hadiah 2 juta Euro. Tentu lebih besar lagi jika ia berhasil merebut gelar juara dunia dari tangan Magnus Carlsen.

Bahkan menurut peraturan, Nepom berhak meminta dibayar 200.000 Euro atau sekitar 3,5 miliar rupiah sebelum pertandingan dimulai.

***