Pia Cramling Belum Terkalahkan

Pia konsisten berada di top 5 dunia selama 15 tahun berikutnya dan dia juga secara reguler bermain di tim putra Olimpiade Catur Swedia.

Selasa, 10 Maret 2020 | 16:57 WIB
0
203
Pia Cramling Belum Terkalahkan
Pia Cramling (Foto: David Llada)

Salah satu pecatur wanita yang paling saya kagumi di dunia ini adalah GM Pia Cramling. Meskipun umurnya sudah 56 tahun namun dia masih terpilih untuk ikut di Grand Prix Wanita 2019/2020 yang hanya diikuti 16 peserta dan masih tetap tampil bagus.

Pada seri ketiga yang saat ini sedang berlangsung di Lausanne, Swiss, Pia belum terkalahkan dari 7 babak. Bahkan juara dunia GM Ju Wenjun pun tidak mampu menaklukkannya.

Pia Cramling memang pecatur wanita yang istimewa. Energinya untuk terus bermain catur diusianya yang sudah tidak lagi muda seperti tidak pernah habis. Lahir di Stockholm, Swedia, 23 April 1963, ia pertama kali belajar catur karena mengikuti abangnya ke sebuah klub catur lokal di usia 10 tahun.

Sejak itu kariernya berkembang pesat. Ketika dia berumur 18 tahun, Pia sudah masuk daftar 10 peringkat dunia. Bahkan Pia Cramling kemudian sukses menempati peringkat nomor satu dunia dalam tiga kesempatan (Januari 1984, Juli 1984 dan Januari 1985). Pada awal tahun 80 an, Pia adalah salah pecatur wanita terkuat di dunia.

Menurut Pia, partai yang paling berkesan dalam hidupnya adalah saat berhadapan dengan GM Viktor Korchnoi di turnamen Lloyd’s Bank tahun 1982. Saat itu Korchnoi adalah salah satu pecatur terbaik di dunia. Dia bahkan mempunyai Elo rating 400 poin di atasnya.

Namun hanya dalam lima langkah pembukaan, Pia yang pegang Putih berhasil membuat Korchnoi berpikir lebih dari satu jam. Setelah melalui pertarungan sengit, Pia sepertinya akan menang. Namun legenda catur dunia itu berhasil lolos berkat trik remis sederhana. Setelah dua tahun kemudian, Pia akhirnya berhasil mengalahkan Korchnoi.

Pia konsisten berada di top 5 dunia selama 15 tahun berikutnya dan dia juga secara reguler bermain di tim putra Olimpiade Catur Swedia.

Prestasi mengagumkan Pia lainnya adalah dia mampu memenangkan Kejuaraan Catur Eropa tahun 2003 dan tahun 2008 saat usianya sudah melewati 40 tahun.

Pia menikah dengan "the Spanish Tal" GM Juan Manuel Bellon Lopez juara nasional Spanyol 5 kali. Mereka dikarunia satu orang putri Anna yang juga seorang pecatur. Setelah sempat tinggal di Spanyol selama 20 tahun, Pia kembali ke Swedia karena home sick.

***