Berburu Satu Tempat di Turnamen Kandidat

Menurut peraturan, pecatur dengan rata-rata Elo tertinggi dari Februari 2019 hingga Januari 2020 akan menggantikan tempat Radjabov dan itu berarti akan menjadi milik Maxime Vachier Lagrave.

Selasa, 8 Oktober 2019 | 16:43 WIB
0
437
Berburu Satu Tempat di Turnamen Kandidat
Anish Giri (Foto: FIDE)

Bukan main senangnya Anish Giri. Pecatur Belanda itu. Peringkat empat dunia itu. Anish Giri adalah orang yang paling berbahagia setelah Ding Liren memastikan diri lolos ke turnamen kandidat tahun 2020 melalui jalur runner up Piala Dunia.

Itu berarti jatah satu peserta dari jalur rating kemungkinan besar akan jatuh ke tangannya. Si pemilik rata-rata rating tertinggi setelah Carlsen, Caruana dan Ding Liren.

Langkah cepat segera diambil Giri. Pecatur berusia 25 tahun ini langsung membatalkan keikutsertaannya di turnamen Grand Swiss yang akan digelar Kamis depan. Ini turnamen terbuka yang sangat kuat. Ia bisa kehilang poin rating di sini. Padahal tujuannya sama. Juara turnamen akan mendapat satu jatah lolos ke turnamen kandidat.

Kontan sikap Giri ini membuat Maxime Vachier Lagrave meradang. Saingan potensial Giri dari jalur rating. FIDE telah membuat aturan. Siapa saja yang mengundurkan diri dari Grand Swiss setelah menandatangani kontrak akan diberi sanksi. Entah sanksi apa yang akan diberikan kepada Anish.

Namun memang peluang Maxime untuk lolos dari jalur rating sangat tipis karena ia harus meraup 27 poin untuk bisa menyaingi rating rata-rata Giri. Apalagi ia juga sudah memutuskan absen dari turnamen ini.

Tetapi peluang MVL untuk bermain di turnamen kandidat tidak benar-benar tertutup. Ia masih bisa mengambil satu dari dua jatah yang disediakan oleh FIDE lewat Grand Prix Series yang baru digelar dua dari empat seri.

Satu lagi, ia bisa menggantikan posisi Teimour Radjabov. Juara Piala Dunia itu tidak lagi menganggap dirinya seorang pecatur profesional, dan ia sudah mengatakan tidak akan bermain di Rusia, tempat turnamen kandidat digelar tahun depan.

Menurut peraturan, pecatur dengan rata-rata Elo tertinggi dari Februari 2019 hingga Januari 2020 akan menggantikan tempat Radjabov dan itu berarti akan menjadi milik Maxime Vachier Lagrave.

Terakhir namun tidak kalah penting, mungkin ada harapan untuk mendapat satu tempat melalui jalur wildcard. Namun, mengingat turnamen ini akan diselenggarakan di Rusia, kemungkinan besar jatah itu akan jatuh ke tangan pecatur Rusia.

Jika dilihat dari peringkat dunia, Ian Nepomniachtchi akan mendapatkannya. Namun jikalau pilihannya adalah soal kedekatan dengan penguasa Kremlin, maka jatah itu akan diberikan kepada Sergey Karjakin.

***