Sekondan Nakamura

Melihat peringkat dunia Nakamura yang terjun bebas ke posisi 19 saat ini, mungkin sudah waktunya ia mempertimbangkan untuk mencari sekondan tambahan yang lebih mumpuni.

Senin, 29 Juli 2019 | 06:14 WIB
0
794
Sekondan Nakamura
Hikaru Nakamura (Foto: US Chess)

Hikaru Nakamura memiliki sekondan yang unik bila dibandingkan dengan umumnya sekondan yang dimiliki pecatur elit lainnya. Namanya Kristoffer Littlejohn.

Ia bukan seorang Grandmaster, bahkan bukan pula pecatur penyandang gelar IM. Elo ratingnya hanya 2156. Bandingkan dengan rating Nakamura sekarang 2743. Jauh sekali bedanya, bukan?

Jadi apa keistimewaan Kris sehingga Hikaru begitu percaya kepadanya? Mudah ditebak. Kris pasti seorang ahli dibidang tertentu yang masih ada hubungannya dengan catur. Benar sekali. Kristoffer adalah pakar database komputer catur.

Mereka sudah cukup lama bekerjasama. Jadi kita sedikit bisa mendapat gambaran kenapa Nakamura mahir sekali bermain catur online.

Tugas utama Kris adalah memasok informasi data mutakhir tentang calon lawan-lawan Naka di sebuah turnamen yang akan diikutinya. Kris sudah memulai persiapan bahkan jauh hari sebelum sebuah turnamen dimulai.

Ia akan menganalisis berbagai variasi pembukaan, babak tengah dan babak akhir yang umum digunakan oleh lawan-lawan Naka.

Kebiasaan-kebiasaan lawan dalam melakukan pertukaran perwira dan buah apa saja yang selalu tersisa di atas papan dalam permainan babak akhir semua dikuliti dan dikupas dengan serius.

Kemudian dengan bantuan aplikasi catur kuat mutakhir yang terinstall di komputernya, Kris mencoba untuk menemukan langkah baru yang belum pernah dimainkan oleh lawan-lawan Naka sebelumnya. Dengan demikian, Naka selalu siap tempur datang ke ruangan pertandingan berkat hasil kerja keras Kris.

Namun melihat peringkat dunia Naka yang terjun bebas ke posisi 19 saat ini, mungkin sudah waktunya ia mempertimbangkan untuk mencari sekondan tambahan yang lebih mumpuni dari segi kualitas permainan catur daripada hanya mengandalkan seorang jagoan database komputer sebagai teman latih tandingnya.

Prestasi Naka terakhir adalah peringkat buncit di seri kedua Grand Chess Tour Kroasia awal bulan lalu. Lampu merah sudah menyala.

***