3 Jagoan India dan 1 Legenda Iran Coba Bendung Juara Dunia

Kelima pecatur ini yang mungkin bisa menghentikan laju Carlsen yang mesinnya mulai panas dan kini sudah berada di jalur jalan tol itu.

Senin, 23 Januari 2023 | 08:49 WIB
0
117
3 Jagoan India dan 1 Legenda Iran Coba Bendung Juara Dunia
Magnus Carlsen (Foto: Tata Steel)

Seperti saya katakan sebelumnya, juara dunia Magnus Carlsen itu kerap berprilaku seperti mesin diesel, terlambat di awal tapi kalau sudah panas tak terbendung dan sulit dihentikan.

Benar bahwa pada babak ke-5 dan ke-6 turnamen catur elit Tata Steel Masters 2023 (Wijk Aan Zee) Carlsen mengalami kekalahan, tetapi terbukti pada babak ke-7 kemarin dan ke-8 tadi malam ia mulai panas dan berhasil menggilas GM Richard Rapport serta GM Fabiano Caruana tanpa ampun.

Kini pecatur Norwegia itu mengemas nilai 4½ atau berada di peringkat 7. Itu berarti terpaut satu setengah poin dari GM Nodirbek Abdusattorov (6 poin) yang hanya mampu bermain remis melawan GM Levon Aronian.

Disparitas nilai yang semakin mengecil dengan Abdusattorov sebagai pemimpin klasemen membuat "posisi kemungkinan" Carlsen juara semakin besar.

Artinya, nasib Carlsen sangat bergantung pada 5 lawan terakhirnya, yakni GM Wesley So, GM Gukesh, GM Praggnanandhaa, GM Arjun Erigaisi dan GM Parham Maghsoodloo. Dari kelima calon lawan Carlsen, hanya So yang dianggap batu sandungan terkuat.

Sebaliknya bagi tiga pecatur India dan satu pecatur Iran, pertemuan mereka nanti dengan Carlsen akan dianggap sebagai pembuktian bahwa "anak ingusan" pun mampu meladeni permainan taktis Carlsen dan bila mungkin mengalahkannya.

Kelima pecatur inilah yang mungkin bisa menghentikan laju Carlsen yang mesinnya mulai panas dan kini sudah berada di jalur jalan tol itu.

***