Nakamura Cetak Poin Pertama, Rapport Lepas Peluang Menang

Bidak bebas Nakamura di a7 sudah pasti promosi Menteri setelah ditunjang Kuda yang semakin mendekat. Sedang bidang terisolir f6 Radjabov nyaris tidak berarti karena rawan serangan perwira lawan.

Minggu, 19 Juni 2022 | 08:58 WIB
0
82
Nakamura Cetak Poin Pertama, Rapport Lepas Peluang Menang
Nakamura vs Radjabov (Foto: Steve Bonhage)

Setelah bertarung selama 6,5 jam, pecatur yang pernah menyandang sebutan "prodigy" pada masa lalu, Teimour Radjabov akhirnya harus mengakui keunggulan pecatur Amerika serikat berdarah Jepang, Hikaru Nakamura lewat permainan yang sangat tajam dalam turnamen kandidat untuk mencari penantang juara duni Magnus Carlsen.

Tiga papan lainnya berakhir remis, tetapi dengan catatan Richard Rapport melewatkan peluang menang saat melasan pecatur Perancis Alireza Firouzja, sedangkan Fabiano Caruana mengejutkan Ian Nepomniachtchi dalam konfrontasi antar "co-leaders" (keduanya memiliki nilai yang sama).

Berikut hasil turnamen kandidat babak kedua:

Rapport - Firouzja ½-½
Nakamura - Radjabov 1-0
Nepomniachtchi - Caruana ½-½
Duda - Ding ½-½

Alireza Firouzja yang dua kali mendapat buah Hitam mengalami kesulitan dalam permainan babak akhir, namun beruntung ia mampu memaksakan hasil remis saat menghadapi lawannya. Pada babak ketiga selanjutnya Firouzja akan menantang Nakamura.

Partai Nakamura-Radjabov berlangsung lama, panjang dan melelahkan sebelum akhirnya Radjabov menyerah pada langkah ke-75 setelah kehilangan salah satu perwiranya. Melawan pasangan Benteng-Kuda Nakamura, Radjabov yang berbekal Benteng tuggal tidak mampu mengatasi "tarian" Kuda Nakamura, meski memiliki bidak bebas h2. Namun Radja Nakamura yang menempel bidak bebas itu dijamin sang bidak promosi menjadi Menteri. 

Di sisi lain bidak bebas Nakamura di a7 sudah pasti promosi Menteri setelah ditunjang Kuda yang semakin mendekat. Sedang bidang terisolir f6 milik Radjabov sama sekali tidak berarti karena rawan serangan Benteng maupun Kuda. Alhasil, tidak ada cara lain bagi Radjabov selain menyerah.

Pada permainan akhir, Rapport, pecatur Hongaria itu seharusnya menskak Raja Firouzja menggunakan salah satu Benteng parelelnya di langkah ke-38 (Bg7), yang menyederhanakan permainan dengan menukar bentengnya di mana posisi permainan akhir sangat menguntungkannya, tetapi di tengah tekanan waktu, Firouzja mampu menahan remis dan memetik angka setengah.

***

***