Li Tian Yeoh, Pecatur Malaysia yang Malang

Di luar dugaan Prin yang memegang Putih justru tampil amat luar biasa dengan menekan Yeoh hingga lawannya itu malah blunder karena krisis waktu dan menyerah pada langkah ke-53.

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:38 WIB
0
101
Li Tian Yeoh, Pecatur Malaysia yang Malang
Li Tian Yeoh (Foto: Thailand Chess Association)

Malaysia sudah sangat lama sekali mendambakan kelahiran GM pertama di negara jiran itu. 

Dan peluang itu sangat besar di SEA Games 2021 Hanoi saat pecatur andalan mereka IM Li Tian Yeoh (2523) hanya membutuhkan hasil remis pada babak kesembilan untuk mendapatkan norma GM terakhirnya.

Selain norma GM, Yeoh juga berpeluang untuk merebut medali emas karena setelah babak ke-8, tiebreak Buchholz pecatur berusia 22 tahun ini lebih bagus dari unggulan pertama GM Nguyen Ngoc Truong Son (2641) dari Vietnam.

Rasanya itu bukanlah pekerjaan sulit karena lawannya hanya pecatur bergelar Candidate Master Prin Laohawirapap dari Thailand dengan rating 2210.

Namun di luar dugaan Prin yang memegang Putih justru tampil amat luar biasa dengan menekan Yeoh hingga lawannya itu malah blunder karena krisis waktu dan menyerah pada langkah ke-53. 

Yeoh pun gagal meraih norma GM dan gagal pula meraih medali. 

Kekalahan ini membawa berkah bagi Nguyen yang merebut medali emas dan IM Mohamad Ervan yang tadinya jika Yeoh remis akan dapat medali perunggu menjadi dapat medali perak.

Medali perunggu sendiri menjadi milik pecatur Singapura IM Tin Jingyao. Tahu tidak selain medali perunggu apa lagi yang didapat pecatur berusia 21 tahun ini? Norma GM kedua!

***