Trio Unggulan yang Jadi Juara "Runner Up" Piala Gubernur DIY

Dari tujuh babak Samantha mengemas 5½ poin hasil dari empat kali menang dan tiga kali remis membuatnya harus puas menempati peringkat kedua.

Senin, 30 Mei 2022 | 10:25 WIB
0
196
Trio Unggulan yang Jadi Juara "Runner Up" Piala Gubernur DIY
Para juara Runner Up (Foto: Istimewa)

Sebagai penulis berita-berita catur, saya biasanya punya jagoan ketika sebuah turnamen berlangsung meski tidak saya sebut sebab nanti kesannya memihak atau terlihat seperti itu.

Demikian juga halnya pada Kejuaraan Catur Standar Yunior Tingkat Nasional memperebutkan Piala Gubernur DIY yang dipentaskan pada 27-29 Mei 2022 di Yogyakarta.

Pada kategori U19 Putra saya menjagokan Satria Duta Cahaya dari DKI sebagai juara melihat pesatnya perkembangan pecatur berusia 13 tahun itu akhir-akhir ini terutama di nomor catur cepat.

Meskipun hanya diunggulkan di peringkat ketujuh, Duta mampu menyodok ke peringkat atas dengan 6 poin dari tujuh babak hasil dari 6 kali menang dan satu kali kalah.

Satu-satunya kekalahan Duta adalah saat bertemu dengan unggulan pertama Nayaka Budhidharma dari Jawa Timur yang akhirnya keluar sebagai pemenang dengan Duta runner up meski mereka sama-sama membukukan 6 poin.

Pada kategori U19 Putri jagoan saya adalah unggulan pertama WFM Diajeng Theresa Singgih. Tentu mudah menjagokan Diajeng karena jam terbangnya yang tinggi.

Sayangnya seminggu sebelum turnamen dimulai Diajeng mengalami gangguan lambung namun karena sudah telanjur pesan tiket akhirnya dipaksakan juga untuk berangkat ke Yogya.

Hasilnya Diajeng masih bisa mencetak 5 poin dari tujuh babak hasil dari empat kali menang, dua kali remis dan satu kali kalah untuk membuatnya menempati posisi runner up.

Juara kategori Putri U19 ini adalah Ardita Pramesari Kusuma dari Jawa Tengah juga dengan 5 poin. Ardita lebih baik dalam perhitungan tiebreak dari Diajeng.

Pada kategori U15 Putra unggulan saya adalah Morado Simanjuntak dari DKI. Hanya saja Morado gagal menunjukkan permainan terbaiknya sehingga harus puas menempati peringkat kesembilan dari 42 peserta. Juara kategori U15 Putra ini adalah unggulan ke-18 Arya Prima dari Sumatera Selatan yang menorehkan 6 poin dari tujuh babak.

Pada kategori Putri U15 saya menjagokan juara dunia catur standar U10 Girls 2018 WFM Samantha Edithso sebagai juara apalagi Samantha diunggulkan di peringkat pertama dari 32 peserta.

Hanya memang 2 tahun lebih tidak bermain di turnamen catur standar karena pandemi membuat permainan pecatur berusia 14 tahun ini sedikit berkarat.

Dari tujuh babak Samantha mengemas 5½ poin hasil dari empat kali menang dan tiga kali remis membuatnya harus puas menempati peringkat kedua.

Juara kategori U15 Putri ini adalah Armenia Zendy Purwanto dari Jawa Tengah yang menorehkan 6 poin yang berasal dari 6 kali menang dan satu kali kalah.

Uniknya satu-satunya kekalahan Armenia adalah dari Samantha Edithso pada babak kelima.

***