Tanpa Pemain Cadangan, Tim Putri Indonesia Tembus Papan Atas

Irene mengenal dengan baik semua pecatur Putri AS karena pernah tinggal di sana sehingga diharapkan bisa memberitahu rekan-rekannya cara menghadapi mereka nanti.

Senin, 8 Agustus 2022 | 07:41 WIB
0
250
Tanpa Pemain Cadangan, Tim Putri Indonesia Tembus Papan Atas
Tim catur Putri Indonesia (Foto: Mark Livshitz)

Tanpa membawa pemain cadangan tim Putri Indonesia berhasil menembus papan atas Olimpiade Catur 2022 di Chennai, India 2 babak sebelum turnamen berakhir.

Irene dan kawan-kawan sekarang menempati peringkat 9 klasemen dengan 14 MP setelah di babak ke-10 menaklukkan tim Putri Spanyol 2½-½ tadi malam.

Medina dan Citra menang di meja dua dan empat, Irene remis di meja satu dan Fariha kalah di meja tiga.

Bukan hanya itu, Medina juga berpeluang merebut medali di papan dua setelah mencetak 8 poin dari sembilan babak hasil dari 7 kali menang dan 2 kali remis.

Dari 4 pecatur Putri yang diturunkan, Medina satu-satunya pecatur yang belum pernah kalah.

Di meja lain tim Putra Indonesia takluk dari tim Putra Norwegia dengan skor 1-3. Susanto kalah di meja satu, Novendra dan Yoseph remis di meja dua dan tiga sementara Ervan kalah di meja empat.

Susanto gagal menghadapi perrmainan juara dunia GM Magnus Carlsen dalam permainan babak akhir yang terlihat sederhana.

Tim Putra sekarang menempati peringkat ke-59 dengan 10 MP. GM Novendra Priasmoro menjadi satu-satunya pecatur Putra Indonesia yang belum pernah kalah dalam sembilan babak.

Pada babak ke-10 sore ini tim Putri Indonesia akan bertemu dengan unggulan ke-7 tim Putri AS. 

Irene mengenal dengan baik semua pecatur Putri AS karena pernah tinggal di sana sehingga diharapkan bisa memberitahu rekan-rekannya cara menghadapi mereka nanti.

Tim Putra sendiri akan berhadapan dengan negara tetangga Malaysia. Tugas Susanto dan kawan-kawan sekarang adalah mempertahankan peringkat awal ke-46 tanpa melorot terlalu jauh di dua babak tersisa.

Putra Uzbekistan Memimpin

Luar biasa tim Putra Uzbekistan yang rata-rata baru berusia 20 tahun. Mereka sekarang memimpin Olimpiade Catur 2022 di Chennai, India 2 babak sebelum turnamen berakhir dengan 16 MP.

Pada babak kesembilan tadi malam mereka menghabisi tim Putra Armenia dengan skor mengejutkan 3-1. 

Koki yang mereka bawa Bahriddin Chustiy pasti semakin bersemangat untuk mempersiapkan makanan bagi GM Nodirbek Abdusattorov dan kawan-kawan melihat prestasi cemerlang anak-anak muda Uzbekistan ini.

Pada babak ke-10 sore ini tim Putra Uzbekistan akan berhadapan dengan tim Putra India 2 dengan 15 MP yang rata-rata berusia 16½ tahun jika GM Raunak Sadhwani dipasang di papan empat.

GM Shakhriyar Mamedyarov dari Azerbaijan berhasil menahan laju "kereta cepat" GM D Gukesh setelah menahan remis pecatur berusia 16 tahun itu pada meja satu dan secara keseluruhan menahan India 2 imbang 2-2.

Kini prediksi GM Magnus Carlsen mulai menemukan titik cerah bahwa tim India 2 akan meraih medali di Olimpiade Catur ini.