Final Ganda Putri Olimpiade Tokyo Greusia/Apriyani vs Chen-Chen

Ada keuntungan psikologis yang mungkin dimiliki pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu, pasangan mutakhirnya.

Senin, 2 Agustus 2021 | 06:51 WIB
0
150
Final Ganda Putri Olimpiade Tokyo Greusia/Apriyani vs Chen-Chen
Greysia Polii dan Apriyani Rahayu (Foto: Tempo.co)

Peluang Indonesia untuk mendapatkan medali emas olimpiade memang tinggal tertumpu pada Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. Dan untuk merebut peluang emas dari pasangan juara All England 2019, Chen Qing-Chen/Jia Yifan dari China sungguh tak mudah.

Dan lebih baik tidak terlalu terpaku pada Rekor Head to Head pertemuan kedua pasangan ini. Tidak jaminan, menang rekor pertemuan kedua pasangan ini akan menentukan kalah menang. Yang justru terpenting adalah seberapa jauh, kemenangan itu diwujudkan menjadi gelar juara di berbagai turnamen internasional.

Dari sisi gelar juara? Jelas Greysia Polii/Apriyani Rahayu masih kalah jauh dengan capaian pasangan Chen Qing-Chen/Jia Yifang di perebutan gelar-gelar “mayor” seperti All England, Kejuaraan Dunia WBF serta berbagai turnamen terbuka.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu boleh dikatakan “belum punya gelar mayor” selain juara Asian Games Incheon 2014. Itupun Greysia (33) berpasangan dengan Nitya Krishinda Maheswari.

Greysia Polii memang pemain spesialis ganda putri Indonesia, yang berpasangan dengan sejumlah pemain lain. Apriyani Rahayu adalah pasangan termutakhirnya. Sebelum ini, Greysia Polii berpasangan dengan Heni Budiman (2003-2005), dengan Jo Novita (2005-2008), dengan Vita Marissa (2007), dengan Meiliana Jauhari (2009-2012), dan juga dengan Nitya Krishinda Maheswari (2008-2016).

Tetapi ada keuntungan psikologis yang mungkin dimiliki pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu, pasangan mutakhirnya. Pasangan ini merupakan pasangan yang terakhir tampil Ganda putri di Kejuaraan Dunia BWF 2018, serta Kejuaraan Dunia BWF 2019.

Dalam pertemuan di dua Kejuaraan Dunia ini, Greysia Polii/Apriyani Rahayu menang dua set langsung lawan Chen Qing-Chen/Jia Yifan, kedua-dua kemenangan terjadi di perempat final Kejuaraan Dunia BWF tersebut.

Meski kalah lawan Greysia/Apriyani di Kejuaraan Dunia, namun Chen Qing-Chen pernah melewati ujian mental luar biasa saat mereka bisa tampil sebagai juara di turnamen akbar All England, barometer capaian prestasi setiap pemain bulu tangkis dunia.

***
JIMMY S HARIANTO (02/08/2021)