Wajib Tau ! 5 Jenis serta Ciri-Ciri Ikan Koi Termahal dan Menarik

Hard water ini sangat disarankan bagi anda yang ingin mencoba membudidaya ikan jenis showa karena diyakini dapat meningkatkan kualitas warna pada ikan.

Selasa, 24 Maret 2020 | 01:13 WIB
0
1289
Wajib Tau ! 5 Jenis serta Ciri-Ciri Ikan Koi Termahal dan Menarik
S Legend, Ikan koi termahal di dunia

Ikan koi termasuk salah satu jenis ikan yang memiliki banyak peminat. Bukan tanpa alasan, ikan koi yang terawat ternyata bisa memiliki nilai jual yang sangat tinggi bahkan mencapai ratusan juta. Tidak hanya itu, ikan koi juga termasuk jenis ikan yang lembut, bisa mencapai usia yang panjang, bahkan jinak.

Secara umum terdapat cukup banyak jenis ikan koi yang harus anda ketahui dan jika tertarik untuk mempelajarinya maka anda juga wajib tau 5 jenis serta ciri-ciri ikan koi termahal dan menarik berikut ini:

Ada beberapa ciri-ciri dari ikan koi yang memiliki nilai yang sangat mahal dan banyak dicari para kolektor. Ciri-ciri ini harus anda ketahui karena bisa menjadi acuan dalam memilih bibit ikan koi yang berkualitas. Ciri-iri ikan koi termahal dan menarik tersebut adalah :

a. Pola Warna Bagus dan Corak Unik

Ciri-ciri pertama dari ikan koi yang menarik adalah ikan tersebut memiliki pola warna yang bagus serta unik. Pola warna dan corak unik inilah yang menjadikan seekor ikan koi pernah bernilai Rp100 juta.

Warna corak yang bagus tentu menjadi pilihan banyak orang untuk memilih dan membeli ikan koi. Kebanyakan ikan koi yang memiliki warna yang bagus dan menarik, harga jualnya akan semakin bagus. Untuk memiliki kualitas ikan koi yang bagus dengan warna yang menarik dan unik tentu saat memberikan pakan tambahkan probiotik ikan.

Jadi jika anda memiliki ketertarikan dengan ikan koi dan ingin membudidayakannya maka ciri-ciri inilah yang pertama kali dipertimbangkan. Pola warna yang bagus dan unik ini biasanya didapatkan ikan secara genetik atau keturunan dari ikan sebelumnya.

b. Garis Punggung Lurus Proposional

Tidak hanya warna, proposi tubuh dari ikan juga harus diperhatikan. Ciri-ciri lain dari ikan koi termahal dan menarik untuk budidaya ikan koi adalah  bentuk punggung yang lurus secara proposional dengan bentuk dada dan sirip. Bentuk punggung yang terlalu bengkok atau tidak proposional tentu saja akan sangat mempengaruhi nilai dari ikan koi yang anda budidaya.

c. Bentuk Kepala dan Sirip Bagus

Selain punggung yang lurus proposional hal yang anda wajib tahu tentang ciri-ciri ikan koi termahal dan menarik ada pada bentuk kepala dan sirip.

Bentuk kepala yang dimiliki ikan harus proposional dalam arti ukuran kepala, mata, mulut sampai insang harus memiliki ukuran yang pas dengan ukuran tubuh. Sangat tidak disarankan untuk anda memilih ikan dengan bentuk kepala yang terlalu mancung atau sebaliknya karena itu menandakan kepada tidak proposional.

Pada bagian sirip yang harus anda perhatikan adalah ukuran sirip kanan dan kiri yang sama, sempurna, dan seimbang. Bentuk sirip yang seperti ini akan menjadikan ikan lebih cepat dan gesit saat bergerak didalam air. Kegesitan inilah salah satu aspek yang bisa menjadikan nilai ikan koi meningkat drastis.

d. Gerak Gesit dan Suka Bergerombol

Ikan koi yang menarik adalah ikan koi yang memiliki bentuk tubuh yang proposional baik kepala ataupun sirip yang dapat menunjangnya untuk bergerak dengan gesit didalam air.

Ikan yang bergerak dengan gesit dan suka bergerombol adalah satu tanda bahwa ikan koi yang kita miliki adalah ikan yang sehat dan terbebas dari penyakit.

Jenis Ikan Koi Termahal

Setelah mengetahui seperti apa ciri-ciri ikan koi termahal dan menarik, maka tahap selanjutnya yang anda wajib tau 5 jenis serta ciri-ciri ikan koi termahal dan menarik. Dan berikut adalah lima jenis ikan koi termahal tersebut:

a. Ikan Koi Bekko

Jenis ikan koi termahal dan menarik yang pertama adalah ikan koi bekko. Ikan koi ini sangat menarik bagi anda yang suka dengan ikan koi dengan satu warna dominan. Biasanya ikan koi bekko ini berwarna dominan putih, kuning, ataupun merah dan hitam. Untuk ikan koi bekko yang berwarna dominan hitam maka biasanya bercak yang tumbuh ditubuhnya berwarna putih.

Hal lain yang membedakan ikan koi ini dengan ikan koi yang lain adalah ukurannya yang bisa tumbuh cukup besar mencapai 80cm saat masuk usia dewasa.

Untuk dapat memiliki ikan koi bekko ini ternyata anda harus merogoh kocek cukup dalam karena harganya yang mahal mencapai Rp10 juta perkilo nya.

b. Ikan Koi Sanke

Koi Sanke adalah salah satu ikan koi yang populer di Indonesia. Harga ikan koi Sanke ini cukup mahal bahkan mencapai Rp20 juta untuk harga perekor. Namun walaupun seperti itu ikan koi Sanke ini termasuk jenis ikan yang cukup banyak dibudidaya.

Salah satu keunikan dari ikan koi Sanke ini adalah warnanya yang lebih dominan hitam dengan warna merah dan putih sebagai warna pemanisnya.

c. Ikan Koi Showa

Ikan koi Showa termasuk satu jenis ikan koi yang memiliki harga yang fantastis. Bagaimana tidak, jika dilihat dari ukurannya saja ikan ini bisa mencapai panjang 40cm hanya dalam waktu 1 tahun.

Bukan hanya dari ukurannya saja yang membedakannya dari ikan koi jenis lainnya karena ada hal lainnya lagi perpaduan warna yang cantik.

Pada tahun 2014 yang lalu, ikan ini berhasil menjadi ikan dengan harga lelang yang sangat mahal di kota Jepang yang mencapai harga 7 juta yen atau setara dengan Rp700 juta saat itu.

Ikan jenis Showa hampir mirip dengan ikan koi jenis Sanke yang memiliki tiga jenis warna dominan seperti hitam, merah, dan putih. Hanya saja perbedaan yang cukup mencolok adalah tingkat kecerahan warnanya. Ikan koi Showa memiliki presentase warna hitam yang lebih dominan dibandingkan ikan koi Sanke.

d. Ikan Koi Kohaku

Ikan koi Kohaku adalah jenis ikan koi yang sangat sederhana namun elegan dan anggun. Ikan jenis ini termasuk jenis ikan yang banyak dipilih para kolektor sebagai bagian dari koleksinya. Namun walaupun seperti itu, ikan koi Kohaku ini ternyata juga pernah laku dengan harga jual mencai 11 juta yen atau setara dengan Rp1,1 milyar pada tahun 2010 lalu di Jepang.

Salah satu keunikan ikan koi Kohaku adalah warnanya yang dominan putih yang bersih, cemerlang, dan seperti salju. Bahkan beberapa ikan koi Kohaku memiliki pola menyerupai huruf HI pada bagian atasnya.

Tidak hanya warna putih pada Kohaku yang menjadikannya unik, karena warna merah yang dimiliki ikan ini juga termasuk unik. Dominasi warna merah pada ikan koi Kohaku bisa mencapai 50% atau 70%. Warna merah yang dimiliki oleh ikan koi ini benar-benar murni warna merah tanpa ada campuran warna orange atau kuning.

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih bibit ikan koi Kohaku ini adalah pertimbangan dimasa depan karena kondisi ikan koi ini dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti pertumbuhanya. Seperti misalnya tumbuh bercak hitam pada warna merah atau putih pada ika saat dewasa padahal saat masih bibit tidak ada. Padahal timbulnya bercak ini dapat merusak keindahan warna ikan koi Kohaku ini.

e. Ikan Koi Dainichi Showa

Jika anda bertanya bagaimana bentuk dari ikan koi termahal dan menarik yang pernah terjual maka anda harus melihat ikan koi jenis Dainichi Showa. Di Jepang sendiri ikan ini pernah terjual mencapai harga 2,15 milyar pada saat pelelangan.

Salah satu hal yang menjadikan ikan koi jenis Dainichi Showa ini ada pada sulitnya perawatan yang harus diberikan. Seperti misalnya keadaan air yang menunjang ikan ini untuk hidup adalah air dengan tingkatan hard water.

Hard water ini sangat disarankan bagi anda yang ingin mencoba membudidaya ikan jenis showa karena diyakini dapat meningkatkan kualitas warna pada ikan.

Selain itu, ikan Showa termasuk jenis ikan yang paling sulit untuk dipilih karena keadaannya yang masih muda akan terus mengalami perubahan bentuk mengikuti pertumbuhannya menuju fase dewasa.

Penulis : Karolina - gilakoi.com

***