Catur yang Membuat Para Pengusaha Besar Sukses Menjalankan Bisnis

Warren Buffet, Peter Thiel, Elon Musk, Bill Gates dan Richard Branson sukses menjalankan bisnis mereka berkat menerapkan strategi permainan catur dalam bisnis mereka.

Sabtu, 5 Februari 2022 | 18:04 WIB
0
772
Catur yang Membuat Para Pengusaha Besar Sukses Menjalankan Bisnis
Richard Branson bermain catur (Foto: Twitter.com)

Chess and Famous Business Personalities, demikian artikel yang ditulis Bulbul Satsangi di chessklub.com. Pada foto utama yang melengkapi artikel itu terpampang wajah Warren Buffet, Richard Branson, Peter Thiel, Elon Musk dan Bill Gates. Kelima sosok pengusaha besar dan ternama inilah yang menurut Satsangi dilatarbelakangi permainan catur, setidak-tidaknya selain bermain aktif, para pengusaha besar ini mengambil filosofi catur dalam melangkahkan bisnisnya. 

Tulisan dibuka dengan mengutip pendapat Bob Rice, "Semakin banyak Anda melihat dunia bisnis, semakin Anda melihat bahwa perusahaan yang sukses dan orang-orang yang menjalankannya menggunakan strategi catur secara rutin (apakah mereka mengetahuinya atau tidak)".

Jelas bahwa catur merupakan permainan strategi dan orang akan dibuatnya terkejut mengetahui betapa mulusnya catur terintegrasi ke dalam pengambilan keputusan di berbagai bidang kehidupan. Legenda catur mantan juara dunia Gary Kasparov atau pemegang mahkota juara dunia Magnus Carlsen kini  berhasil membangun kerajaan bisnis mereka yang berpusat pada permainan catur. Ini dimungkinkan karena beberapa pengusaha dari industri lain yang bergerak di dunia korporat mirip dengan permainan di atas papan catur.

Kemudian siapa saja pengusaha terkenal yang bermain catur?

Catur disebut sesuai dengan tantangan bisnis di Abad 21 karena lanskap yang berubah dengan cepat. Konsep nilai ekonomi minimum yang menghasilkan keuntungan maksimum telah menjadi sia-sia akibat ketidakpastian pasar secara keseluruhan.

Menurut Satsangi, keputusan strategis dan operasional saat ini harus dibuat dengan perkiraan yang tepat di mana untuk bersaing secara sukses di era revolusi informasi, seorang pengusaha harus tahu apa yang dilakukan ketika ia tidak yakin a yang harus dilakukan sejak awal.

Strategi Catur dan Strategi Bisnis 

Catur yang merupakan permainan strategi dan pengetahuan paling fantastis dalam sejarah manusia, sangat relevan dibicarakan dan kaitannya dengan dunia bisnis. Perusahaan hebat di industri apa pun, dari Microsoft hingga Adobe dan dari perusahaan rintisan hingga konglomerat, menggunakan strategi catur untuk memahami dunia bisnis kami yang sangat tidak terduga.

"Apakah itu menyerang atau mempertahankan pasar, meluncurkan produk baru atau memaksimalkan keuntungan yang semakin berkurang, membangun organisasi yang efisien, mempertahankan momentum saat diserang, memilih alternatif di bawah tekanan, catur telah memainkan perannya selama ratusan tahun dalam membimbing pebisnis menjadi percaya diri, sebuah gerakan yang terbukti," tulis Satsangi.

Catur merupakan satu-satunya game yang mengajarkan pemikiran kritis melalui gamifikasi selama lebih dari 1000 tahun.

Catur selalu mencerminkan perkembangan dan gerakan yang signifikan dalam masyarakat. Didukung oleh para pemikir, politisi, bangsawan, dan pembuat perubahan, catur sering kali membantu menciptakan landasan bagi pemikiran rasional dan pengambilan keputusan menggunakan skenario. Dunia bisnis tidak kebal terhadap daya tarik catur ini.

Kesepakatan cerdik dengan konglomerat yang tampak sebagai raksasa sering kali melibatkan pengorbanan, pertukaran, memperdagangkan satu jenis keuntungan untuk jenis yang sama sekali berbeda, meskipun keuntungan pastinya tidak dapat dihitung. Ini terjadi dalam permainan catur.

Satsangi menulis para pebisnis terkenal dan kaitannya dengan catur yang mereka mainkan.  Warren Buffet, mengajarkan kepada siapa saja tentang investasi strategis.

"Apa yang akan Anda ambil, pendapatan jangka pendek atau pertumbuhan jangka panjang? Langkah bisnis terbaik datang langsung dari papan catur." kata Buffet. "Sungguh menakjubkan betapa banyak prinsip catur yang secara langsung dapat diterapkan ke dunia bisnis dan bagaimana para eksekutif dapat membuat langkah yang tepat dalam banyak situasi. Mereka dapat menangani mempertahankan wilayah mereka, menyerang persaingan, atau menjelajahi pasar baru di samping pengembangan strategis."

Dalam film dokumenter HBO, Becoming Warren Buffett, Warren Buffett menggunakan kisah seorang Raja dan papan caturnya untuk menggambarkan bagaimana bunga majemuk telah mendorong kekayaannya ke ketinggian stratosfer bisnis sebagaimana pencapaian pemain catur terkenal dan pemimpin perusahaan termasuk Bill Gates, George Soros, Carl Icahn, Pierre Omidyar, Michael Birch, A.G. Lafley, Jim Slater, Douglas Hirsch, dan Auren Hoffman.

"The Wall Street Chess Club" yang terkenal di tahun 90-an menyaksikan pertukaran pengusaha yang belajar bermain catur sementara para pemain catur belajar berbisnis. Hanya untuk menyadari bahwa catur telah berperan dalam menciptakan peluang bagi keduanya yang sepertinya tidak pernah ada.

Peter Thiel: Seorang Grandmaster Bisnis dan Master Catur

Peringkat ELO terakhir Peter Thiel adalah 2100, dan ia memiliki persentase kemenangan 74% dalam permainan resminya. Dia adalah Master Catur dengan peringkat USCF dan salah satu pemain U-21 dengan peringkat tertinggi di negara ini. Banyak yang tidak tahu bahwa dia juga pengusaha dan miliarder terkenal yang mendirikan PayPal bersama Max Levchin dan Elon Musk dan juga menjabat sebagai CEO-nya.

Dia memainkan langkah pertama dan merupakan investor luar pertama di Facebook, juga menjadi Dewan Direksi di sana. "Selebihnya, kami serahkan kepada Anda untuk interpretasi." tulis Satsangi.

Dalam serangkaian kuliah kepada mahasiswa Stanford University pada tahun 2012, Thiel menjelaskan bagaimana hasratnya untuk menyelaraskan dunia catur dan bisnis dalam berbagai situasi seperti memulai sebuah perusahaan atau berinvestasi dalam satu akan menjadi sukses besar.

Elon Musk: Dari Mobil hingga Teknologi Luar Angkasa, Sang Visioner yang Berutang Banyak pada Catur

Pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk, mulai bermain catur di usia yang sangat muda.

Menurut saudara laki-lakinya, Kimbal, “Ia dapat melihat sesuatu dengan lebih jelas dengan cara yang tidak dapat dipahami oleh orang lain yang saya kenal. Ada hal dalam catur di mana Anda dapat melihat 12 langkah ke depan jika Anda adalah Grandmaster. Dan dalam situasi tertentu, Elon dapat melihat hal-hal 12 bergerak ke depan.”

"Berpikir di luar pukulan pertama Anda dan melihat gambaran yang lebih besar datang secara alami kepada pemain catur. Dengan kombinasi pemikiran strategis dan pandangan ke depan, mereka dapat membuat skenario dan membuat rencana yang berpotensi berhasil untuk meluncurkan proyek dengan nilai taruhan tinggi," kata Satsangi.

Richard Branson: Bocah Bisnis, dan Catur!

Sering kena sasaran kritik karena kerap menaruh buah yang salah di atas papan catur papan salah beberapa kali, Branson menyatakan- “Bisnis seperti permainan catur raksasa: Anda harus membuat langkah strategis, dan belajar dengan cepat dari kesalahan Anda.” Branson adalah pendiri dan pemilik grup perusahaan Virgin, konglomerat dengan minat beragam, maskapai penerbangan, buku, dan bahkan perjalanan ruang angkasa. Dalam blognya, Branson mengatakan:

"Sementara olahraga favorit saya adalah kitesurfing, diikuti oleh tenis, saya pikir catur mungkin permainan terbaik di dunia. Ini menggabungkan aspek yang paling luar biasa dari banyak olahraga yang berbeda – taktik, perencanaan, keberanian, dan pengambilan risiko – ditambah Anda dapat menikmati secangkir teh dan sering melakukan percakapan yang merangsang saat Anda bermain!"

"Saya sendiri memainkan banyak catur dan harus berkompetisi dalam ribuan pertandingan dalam hidup saya. Setiap permainan berbeda, dan setiap pemain memiliki strategi mereka sendiri yang membuat kontes unik. Saya telah menemukan banyak pengusaha, khususnya, selalu tertarik pada permainan."

Bill Gates: Pengusaha, dermawan, pemain catur yang kalah dari Magnus Carlson dalam waktu kurang dari 5 menit

Kekayaan bersih Bill Gates yang merupakan dropout Harvard saat ini mencapai 150 miliar Dollar AS, namun dia pernah dikalahkan dalam permainan catur oleh juara dunia Magnus Carlsen hanya dalam sembilan langkah!

Selain menjadi salah satu pengusaha paling sukses dalam revolusi komputer pribadi terutama karena kecerdasan dan pandangan ke depan, Gates sekarang berfokus pada beberapa inisiatif filantropi di seluruh dunia melalui Bill and Melinda Gates Foundation. Bill Gates mungkin bukan pemain catur yang sangat terkenal. Namun, dengan peringkat 1578 dan ELO yang pernah mencapai 1690, kita dapat berasumsi bahwa pemikiran strategis yang dia tunjukkan selama pertandingan yang sangat singkat namun menarik melawan Carlsen diasah selama bertahun-tahun yang dia habiskan di dunia korporat.

Pelajaran apa yang diambil CEO dari Pemimpin Bisnis yang bermain catur?

Satsangi menyebutkan, pemain catur yang sangat mapan berjuang dengan memilih gerakan mana yang akan bekerja paling baik mengingat situasi di papan catur. Bisnis dan pemimpin bisnis sering menghadapi tantangan serupa. "Tanpa disiplin, berbagai alternatif dan ide yang setengah matang dapat menyebabkan potensi kegagalan, bahkan bencana. Baik dalam catur dan bisnis, ada baiknya menjaga pandangan strategis," tulisnya.

Pecatur papan atas mengikuti pendekatan enam pertanyaan untuk menjawab dilema:

Apa yang telah berubah?

Apakah kita memiliki rencana aktif untuk perubahan yang kita kejar?

Atau apakah kita hanya terlibat dalam permainan posisional?

Apa langkah kandidat lainnya?

"Pastikan bahwa Anda mengandalkan pesaing untuk membuat langkah terbaik, transparan dengan proses pemikiran Anda, dan tidak memiliki bias," kata Satsangi. "Di dunia hiper-jaringan yang kita jalani saat ini, jarang sekali pebisnis menemukan peluang yang belum pernah dilakukan oleh siapa pun."

Catur menawarkan banyak contoh mengambil keuntungan jangka pendek yang dapat menyebabkan rasa sakit jangka panjang. Para pemimpin bisnis tahu bahwa untuk berhasil dalam usaha dan memastikan keuntungan jangka panjang, reaksi spontan sering menunjukkan kurangnya kepercayaan pada rencana dan mengakibatkan kerugian yang mungkin tampak kecil tetapi dapat merugikan dalam jangka panjang.

Seperti pemain catur yang baik, yang bisa dilakukan oleh seorang pemimpin bisnis hanyalah memainkan posisi saat ini dengan cara terbaik.

***