Mengapa SEO Penting Untuk Bisnis Online

Selalu perbarui rencana bisnis Anda dengan mudah seperti situs web Anda. Dapatkan wawasan yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis eCommerce Anda.

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:05 WIB
0
80
Mengapa SEO Penting Untuk Bisnis Online
Search Engine Optimization

Anda mungkin bertanya, apa sebenarnya manfaat SEO? Mengapa itu penting? Nah, mari kita lihat apa yang bisa dilakukan penerapannya untuk bisnis Anda dan bagaimana itu bisa menjadi salah satu strategi pemasaran Anda yang paling efektif.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari, yang merupakan proses untuk meningkatkan visibilitas organik pada permintaan pencarian tertentu. Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kunjungan ke situs web Anda. Ini tidak berarti hanya mengisi halaman dengan kata kunci yang relevan, tetapi berfokus pada vital web inti seperti kecepatan situs, keramahan seluler, interaktivitas, dan konten halaman web.

Para ahli setuju bahwa pengoptimalan yang sukses sama pentingnya dengan melayani kebutuhan pelanggan seperti halnya mengikuti pedoman dan praktik terbaik mesin pencari seperti Google dan Bing. Mengantisipasi niat pelanggan, memahami jenis konten apa yang ingin mereka lihat, dan memberikan jawaban terbaik adalah inti dari SEO yang baik. Ini sekaligus merupakan metode riset pelanggan dan saluran penjualan untuk bisnis Anda, dan memungkinkan Anda untuk mengenal pelanggan Anda dan kebiasaan mereka.

Kuncinya adalah mampu menyatukan elemen teknis dan strategis, dan secara bersamaan melayani kebutuhan pelanggan Anda dan menyampaikannya dengan cara yang menarik bagi mesin pencari.

Manfaat SEO untuk bisnis kecil

Keunikan SEO adalah siapa pun dapat melakukannya dan itu lebih mudah dilakukan  daripada yang Anda kira. Alih-alih membayar untuk iklan cetak tradisional atau posting bersponsor, meluangkan waktu dan upaya untuk memahami dasar-dasar SEO, dan mungkin berinvestasi dalam beberapa alat, dapat menghasilkan nilai jangka panjang yang lebih besar untuk bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk memanfaatkan pencarian organik untuk bisnis Anda.

1. Membawa lebih banyak pelanggan melalui pencarian organik

53,3% dari semua lalu lintas web berasal dari pencarian organik dan 60% pemasar menyatakan bahwa prospek kualitas tertinggi mereka berasal dari pelanggan yang terlibat dalam SEO. Mengapa demikian? Karena mereka mencari solusi, dan dengan menjadi salah satu hasil teratas, Anda memenuhi kebutuhan.

Peringkat di halaman pertama Google perlu dilihat oleh pelanggan. Naik ke posisi teratas hampir dapat menggandakan rasio klik-tayang Anda di atas tempat nomor dua.

Dan mengklaim Cuplikan Unggulan (elemen halaman atas) dapat membantu Anda melompati tempat nomor satu sambil berpotensi menambahkan cara kedua bagi pelanggan untuk mengeklik ke situs web Anda.

Volume pencarian memberi peringkat untuk pencarian kata tertentu, sehingga anda dapat menarik pelanggan yang tepat. Dengan menempatkan situs Anda di halaman atas, membuat merek anda akan mudah terlihat dan menunjukkan bahwa anda adalah sumber yang dapat dipercaya.

2. Menciptakan pengalaman web yang dapat dipercaya bagi pelanggan

Memaksimalkan halaman depan, dan mengklaim tempat nomor satu dalam hasil pencarian sepenuhnya bergantung pada otoritas yang Anda bangun. Anda dapat memanfaatkan sumber daya terbaik yang tersedia, tetapi tanpa pengalaman yang berkualitas bagi pengguna, begitu mereka mengeklik situs Anda, Anda akan kesulitan untuk memasarkan produk anda.

Itulah mengapa elemen teknis SEO, seperti kecepatan halaman, backlink, dan elemen pembangun otoritas lainnya sangat penting untuk kesuksesan bisnis online Anda. Bermain dengan aturan yang diatur oleh mesin pencari memaksa Anda untuk menjaga situs Anda dalam kondisi prima dan menjadikan menjaga kesehatannya sebagai prioritas reguler.

Manfaatnya bagi Anda adalah bahwa itu tidak hanya membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik dan karenanya mendapatkan lebih banyak eksposur. Ini juga akan memudahkan pelanggan untuk mempercayai Anda berdasarkan fungsionalitas situs web Anda. Memiliki halaman cepat, langkah-langkah keamanan, dan portal layanan pelanggan otomatis hanyalah beberapa cara untuk melakukan ini.

3. Fokus pada pengalaman pengguna

Berbicara tentang pengalaman web Anda, elemen inti SEO yang terus berkembang dalam kebutuhan adalah mengoptimalkan pengalaman pengguna. Google memprioritaskan pengalaman pengguna sebagai faktor peringkat pada tahun 2021 dan akan memanfaatkan Data Web Inti baru mereka bersama dengan faktor-faktor sebelumnya seperti kecepatan halaman untuk membantu menentukan apakah Anda memberikan interaksi yang berharga atau tidak. Cuplikan Unggulan dan elemen dalam pencarian lainnya juga memanfaatkan ide ini, dengan menarik jawaban, gambar, dan informasi berharga lainnya ke halaman pencarian itu sendiri.

4. Meningkatkan popularitas merek

Salah satu elemen tangensial di luar mengubah pengguna menjadi pelanggan saat Anda meningkatkan peringkat adalah popularitas merek. Hanya dengan mencapai halaman depan dan mendaki semakin dekat ke posisi teratas, semakin banyak titik kontak yang akan Anda hasilkan. Bahkan jika mereka tidak mengklik situs Anda, hanya dengan berada di sana, calon pelanggan akan mulai mengaitkan merek Anda dengan solusi tersebut.

Selalu perbarui rencana bisnis Anda dengan mudah seperti situs web Anda. Dapatkan wawasan yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis eCommerce Anda. Dapatkan Paket Langsung

5. Dapat dilakukan dengan anggaran terbatas

Mungkin salah satu hal terbaik tentang SEO adalah relatif murah untuk diterapkan. Tentu, Anda dapat menyewa seorang pakar seo yang  menjalankan peran berorientasi SEO dalam bisnis Anda, tetapi untuk memulai, Anda dapat mempelajari dan menerapkan banyak hal ini sendiri. Dan di luar biaya mempekerjakan seseorang, membeli beberapa langganan, atau menghabiskan waktu Anda sendiri, implementasi sebenarnya tidak memerlukan biaya apa pun.