PT TETRAHIEL Jasa Konsultan: Pentingnya Audit SDM pada Organisasi

Selasa, 2 Mei 2023 | 15:10 WIB
0
316
PT TETRAHIEL Jasa Konsultan: Pentingnya Audit SDM pada Organisasi
Foto: PT Tetrahiel Profesional Manajemen

"People don’t resist change. They resist being changed!"
—Peter Senge

Audit Sumber Daya Manusia (SDM)  adalah proses penilaian terhadap semua kebijakan, prosedur, dan praktik pengelolaan sumber daya manusia dalam sebuah organisasi untuk mengevaluasi apakah praktik-praktik tersebut sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku serta memenuhi kebutuhan organisasi.

Dalam konteks ini, Konsultan Tetrahiel siap melakukan Audit sumber daya manusia untuk membantu organisasi untuk mengidentifikasi masalah dalam pengelolaan sumber daya manusia, menemukan solusi untuk masalah tersebut, dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan sumber daya manusia.
 
Pada dasarnay, Audit sumber daya manusia, melalui konsultan Tetrahiel Profesional Manajemen melibatkan tim auditor untuk pemeriksaan dokumen-dokumen dan rekaman-rekaman terkait pengelolaan sumber daya manusia, seperti kebijakan penggajian, kontrak kerja, jaminan sosial, manajemen kinerja, pelatihan dan pengembangan, serta peraturan kesehatan dan keselamatan kerja.

Artinya, tim audit sumber daya manusia juga dapat melibatkan wawancara dengan staf dan manajer organisasi untuk mendapatkan informasi yang lebih detail.

Hasil dari tim audit sumber daya manusia yang dilakukan konsultan Tetrahiel Profesional Manajemen dapat memberikan informasi yang berharga untuk organisasi dalam mengambil keputusan strategis terkait pengelolaan sumber daya manusia, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan peningkatan pengelolaan sumber daya manusia yang lebih baik.
 
Setelah hasil audit sumber daya manusia diperoleh, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi temuan-temuan tersebut dan merencanakan tindakan perbaikan yang diperlukan untuk memperbaiki masalah yang diidentifikasi. Tindakan perbaikan dapat mencakup perubahan kebijakan, prosedur, atau praktik pengelolaan sumber daya manusia, pelatihan dan pengembangan karyawan, atau perbaikan sistem dan infrastruktur.

Selain itu, tim audit sumber daya manusia juga dapat membantu organisasi untuk memastikan bahwa mereka mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia.

 
Pada prinsipnya, audit dapat membantu organisasi memastikan bahwa mereka mematuhi peraturan tentang upah minimum, jam kerja, hak cuti, dan persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja.
 
Tim Audit sumber daya manusia konsultan Tetrahiel Profesional Manajemen juga dapat membantu organisasi dalam mengidentifikasi risiko-risiko terkait pengelolaan sumber daya manusia, seperti risiko hukum, risiko finansial, atau risiko reputasi. Dengan mengidentifikasi risiko-risiko ini, organisasi dapat mengambil tindakan untuk meminimalkan atau menghilangkan risiko-risiko tersebut.

"It takes 20 years to build a reputation and five minutes to ruin it. If you think about
that, you’ll do things differently."
—Warren Buffett

Sebagai kesimpulan, pentingnya audit sumber daya manusia dapat memberikan manfaat besar bagi organisasi dalam mengelola sumber daya manusia mereka dengan lebih efisien dan efektif, memastikan kepatuhan dengan hukum dan peraturan yang berlaku, serta meminimalkan risiko-risiko terkait pengelolaan sumber daya manusia. Mari kembangkan organisasi dan bisnis Anda bersama konsultan Tetrahiel Profesional Manajemen. Dimanapun dan kapanpun kami siap membantu dan menjadi mitra konsultan terpercaya perusahaan maupun bisnis Anda.
 
Let's Succeed Together!
 
***

 Selengkapnya: https://www.tetrahiel.com/