Ada Temanggung di Shanghai, China

Semuanya produk kraf bikinan dari desa Kandangan, Temanggung. Desainer dan pemilik bisnisnya Singgih Susilo Kartono, teman kuliah di Seni Rupa ITB baheula.

Rabu, 9 Juni 2021 | 05:21 WIB
0
24
Ada Temanggung di Shanghai, China
Produk Temanggung di Shanghai (Foto: dok. pribadi)

Pesawat saya dari Hong Kong Chek Lap Kok International Airport mendarat di Shanghai Pudong International Airport sebelum tengah hari. Cuaca di Shanghai saat itu musimnya asik banget. Pas lah dengan keseharian kita yang tropis.

Saya masih punya waktu sekitar 10 jam sebelum pertandingan sepakbola tuan rumah Shanghai Shenhua FC vs Manchester United FC.

Berangkat dari Hong Kong saya hanya membawa serta 1 set baju ganti dalam tas ransel. Ada kaos oblong, celana dalam dan celana pendek. Itu modal pakaian buat ngebolang sehari semalam doang di Shanghai.

Agenda saya memang gak banyak. Cuma mau nonton bola, nyisir mal, tur stadion & kulineran. Pagi menjelang siang tersebut, saya sengaja belum nyari hotel di downtown untuk cek-in.

Nemu sih beberapa hotel yang berjiran dengan bandara. Tapi gak mau buru-buru milih. Siapa tahu nemu hotel berdesain lebih cihuy di sekitar stadion.

Pas siangnya, dengan kereta MRT saya sudah masuk downtown. Sisir mal pun dimulai dari gerai-gerai lutju di bawah tanah. Lanjut lagi ke luar stasiun. Nemu beberapa mal yang saling berhampiran.

Seperti biasa di China, pemandangan begitu memasuki mal kita langsung bertemu gerai ritel dengan jenama-jenama kebanggaan lokal.

Tiba-tiba di lantai dasar gak sengaja, saya menciduk bazar stasionari. Produknya dari beragam jenama global. Surprais banget siang itu. Saya nemu produk kraf kayu "Made in Indonesia" berjenama Magno. Terpajang beberapa seri radio kayu dan aksesorisnya.

Semuanya produk kraf bikinan dari desa Kandangan, Temanggung. Desainer dan pemilik bisnisnya Singgih Susilo Kartono, teman kuliah di Seni Rupa ITB baheula.

Sangat kontras pemandangan di konternya saat itu. Ada seuprit produk Temanggung dikeroyok rame-rame oleh bejibun produk bikinan China lainnya.

Luar biasa membanggakan.

Ada Temanggung di Shanghai, China!

***