E-Marketing [33] Pemasaran Online dan Industri Hotel

Minggu, 12 Januari 2020 | 11:23 WIB
0
163
E-Marketing [33] Pemasaran Online dan Industri Hotel
ilustr: Paprika ads

Internet / E-Commerce dan Industri Hotel

Penyebaran yang cepat dalam penggunaan internet dan peningkatan akses ke e-commerce dan pemesanan online jelas merupakan keuntungan bagi industri perhotelan. Meningkatnya insiden tamu yang memesan kamar hotel mereka secara online tidak hanya meningkatkan tingkat pemesanan hotel tetapi juga telah membiarkan mereka memberikan diskon besar-besaran kepada pelanggan yang seharusnya dibagikan dengan agen perjalanan dan perantara lainnya. Dengan kata lain, munculnya pemesanan online telah menjadi situasi yang saling menguntungkan bagi hotel dan pelanggan.

Selanjutnya, dengan begitu banyak tamu dari seluruh dunia berbondong-bondong ke internet untuk memesan kamar mereka dan merencanakan rencana perjalanan mereka, hotel beralih ke pemasaran online produk mereka. Ini memiliki efek menjangkau basis tamu yang lebih luas karena hotel tidak perlu membatasi upaya pemasaran mereka ke tempat-tempat terdekat dan geografi tidak lagi menjadi faktor pembatas bagi hotel. Kematian jarak terjadi dengan globalisasi di mana penyedia layanan dan pelanggan disatukan oleh internet terlepas dari di mana mereka berada dan di mana mereka ingin bertransaksi bisnis. Demikian pula, pemasaran online oleh hotel memiliki manfaat dari hotel menjangkau pelanggan di seluruh dunia dan pada gilirannya, para wisatawan dan pelancong bisnis dari mana saja dapat memesan kamar hotel mereka di mana saja tanpa hambatan.

Pemasaran Online oleh Hotel dan Keuntungannya

Pemasaran online oleh hotel memiliki keuntungan tambahan untuk meningkatkan citra merek hotel dengan memastikan bahwa ulasan pelanggan tentang hotel dan pemasaran hotel yang mewah memiliki efek yang dimaksudkan untuk meningkatkan reputasi hotel. Karena kebanyakan dari kita mengikuti rekomendasi dari mulut ke mulut yang memengaruhi perilaku konsumen kita, ulasan pelanggan yang baik tentang hotel di situs-situs seperti Make My Trip, Travel Advisor, dan agregator konten lainnya memiliki efek lebih banyak pelanggan memesan kamar di hotel-hotel yang menarik ulasan positif dari pelanggan yang puas. Sebaliknya, hotel-hotel yang berada di peringkat di bawah ini dan telah membuat pelanggan yang tidak puas menulis ulasan buruk merasa tidak disukai oleh pelanggan baru.

Ini "kata elektronik dari mulut ke mulut" yang terjadi karena situs web perjalanan dan situs web yang ditujukan untuk pelanggan di seluruh dunia yang mungkin merencanakan perjalanan mereka ke berbagai tujuan telah memberikan kontribusi besar bagi pelanggan setia dan pelanggan yang kembali ke hotel-hotel yang mewujudkan kesenangan pelanggan dan kepuasan pelanggan. Tidak hanya itu, seperti teori pemasaran menyatakan bahwa pelanggan yang kembali sangat berharga karena upaya pemasaran kemudian dapat fokus pada pelanggan baru dan pelanggan yang kembali mengarah pada efisiensi biaya adalah titik kuat dalam mendukung hotel yang melakukan pemasaran online yang luas.

Membasmi Perantara

Seperti yang dibahas secara singkat sebelumnya dalam artikel, industri perhotelan sekarang bergerak menuju paradigma dan model bisnis di mana penyedia layanan dan pelanggan berinteraksi langsung yang mengarah ke penghapusan lapisan perantara. Industri penerbangan adalah yang pertama menghapus perantara dengan maskapai pertama yang menjangkau selebaran online dan agen perjalanan memfasilitasi proses tersebut. Ini secara bertahap menghapus lapisan perantara agen perjalanan dengan sebagian besar pemesanan sekarang dilakukan secara online. Hotel-hotel mengikuti, yang berarti bahwa biaya yang diperlukan karena perantara sekarang dapat dihemat yang mengarah ke penambahan nilai kepada pelanggan yang dapat memanfaatkan diskon. Memang, banyak hotel terkemuka sekarang menerima pemesanan langsung di situs web mereka.

Kesimpulan Penutup: Dunia Tidak Cukup

Karena internet seharusnya menambah nilai bagi semua pemangku kepentingan dalam rantai nilai, pengalaman industri perhotelan adalah contoh tentang bagaimana transaksi online dapat menghasilkan situasi win-win untuk semua. Lebih lanjut, proses globalisasi yang bersamaan dan meningkatnya penggunaan internet dan media sosial telah memastikan efisiensi yang lebih besar dalam proses tersebut dan mendorong sinergi antara pemain yang berbeda dalam rantai nilai. Akhirnya, dunia tidak cukup dalam paradigma ini karena peluang potensial untuk perluasan basis pelanggan hotel dan pengalaman pelanggan tidak terbatas.

***
Solo, Minggu, 12 Januari 2020. 10:57 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko