Apa Itu Cryptocurrency? Inilah Yang Harus Anda Ketahui

Tidak ada keraguan bahwa cryptocurrency legal di AS, meskipun China melarang penggunaannya, dan pada akhirnya apakah itu legal tergantung pada masing-masing negara.

Kamis, 3 Maret 2022 | 18:21 WIB
0
126
Apa Itu Cryptocurrency? Inilah Yang Harus Anda Ketahui
Bitcoin

Cryptocurrency memungkinkan Anda membeli barang dan jasa, atau Anda dapat memperdagangkannya untuk mendapatkan keuntungan. Berikut lebih lanjut tentang apa itu cryptocurrency, cara membelinya, dan cara melindungi diri Anda sendiri.

1. Definisi Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah aset digital yang dibuat menggunakan perangkat lunak jaringan komputer yang memungkinkan perdagangan dan kepemilikan yang aman. 

Bitcoin dan sebagian besar cryptocurrency lainnya didukung oleh teknologi yang dikenal sebagai blockchain, yang menyimpan catatan transaksi yang tahan terhadap kerusakan dan melacak siapa yang memiliki apa. Blockchain publik biasanya terdesentralisasi, yang berarti mereka beroperasi tanpa otoritas pusat seperti bank atau pemerintah.

Istilah cryptocurrency berasal dari proses kriptografi yang telah dilakukan pengembang untuk mencegah penipuan. Inovasi ini mengatasi masalah yang dihadapi oleh upaya sebelumnya untuk menciptakan mata uang digital murni: bagaimana mencegah orang membuat salinan kepemilikan mereka dan mencoba membelanjakannya dua kali.

Unit individu cryptocurrency dapat disebut sebagai koin atau token, tergantung pada bagaimana mereka digunakan. Beberapa dimaksudkan sebagai unit pertukaran barang dan jasa, yang lain adalah penyimpan nilai, dan beberapa sebagian besar dirancang untuk membantu menjalankan jaringan komputer yang melakukan transaksi keuangan yang lebih kompleks.

Salah satu cara umum cryptocurrency dibuat adalah melalui proses yang dikenal sebagai penambangan, yang digunakan oleh Bitcoin. Penambangan dapat menjadi proses intensif energi di mana komputer memecahkan teka-teki kompleks untuk memverifikasi keaslian transaksi di jaringan. Sebagai hadiah, pemilik komputer tersebut dapat menerima cryptocurrency yang baru dibuat. Cryptocurrency lainnya menggunakan metode yang berbeda untuk membuat dan mendistribusikan token, dan banyak yang memiliki dampak lingkungan yang jauh lebih ringan.

Bagi kebanyakan orang, cara termudah untuk mendapatkan cryptocurrency adalah dengan membelinya, baik dari bursa atau pengguna lain.

2. Cara membeli cryptocurrency

Membeli cryptocurrency melibatkan empat langkah dasar:

1. Putuskan di mana membelinya

Ada banyak cara untuk membeli cryptocurrency, meskipun metode yang paling mudah diakses untuk pemula kemungkinan adalah pertukaran terpusat. Pertukaran terpusat bertindak sebagai pihak ketiga yang mengawasi transaksi untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa mereka mendapatkan apa yang mereka bayar. Pertukaran ini biasanya menjual crypto dengan harga pasar, dan mereka menghasilkan uang dengan biaya untuk berbagai aspek layanan mereka.

Jika Anda lebih terbiasa dengan akun pialang tradisional, ada beberapa pialang online yang menawarkan akses ke mata uang kripto dan juga saham. Dari broker online yang diulas oleh NerdWallet, ini termasuk Robinhood, Webull, SoFi Active Investing, dan TradeStation. Jika Anda mencari pertukaran yang beroperasi hanya dalam dunia cryptocurrency, carilah pertukaran crypto murni. Platform ini, seperti Coinbase, Gemini, dan Kraken, tidak akan memberi Anda akses ke aset inti seperti saham dan obligasi, tetapi mereka biasanya memiliki pilihan mata uang kripto yang jauh lebih baik, dan opsi penyimpanan kripto di platform yang lebih banyak .

Meskipun pertukaran terpusat relatif mudah digunakan, mereka juga dapat menjadi target yang menarik bagi peretas mengingat volume kripto yang mengalir melaluinya.

Untuk pengguna yang lebih mahir, ada pertukaran terdesentralisasi yang biayanya bisa lebih rendah daripada yang dibebankan oleh platform terpusat. Itu bisa lebih sulit digunakan dan menuntut lebih banyak pengetahuan teknis, tetapi mereka mungkin juga menawarkan beberapa manfaat keamanan karena tidak ada target tunggal untuk serangan siber. Cryptocurrency juga dapat diperdagangkan melalui transaksi peer-to-peer.

2. Pilih bagaimana Anda akan membayar

Meskipun ada ribuan cryptocurrency yang diperdagangkan di seluruh dunia, Anda akan menemukan bahwa opsi paling populer tersedia secara luas untuk dibeli dalam mata uang fiat seperti dolar AS. Jika Anda pembeli pertama kali, kemungkinan besar Anda harus menggunakan uang biasa untuk membeli cryptocurrency.

Jika Anda adalah investor yang lebih berpengalaman, Anda mungkin ingin menukar beberapa kepemilikan kripto Anda yang ada untuk jenis mata uang kripto lainnya misalnya Bitcoin untuk Ethereum.

3. Tambahkan nilai ke akun Anda

Bergantung pada cara Anda memilih untuk membayar, Anda mungkin harus mendanai akun Anda sebelum membeli kripto apa pun. Jika Anda menggunakan mata uang fiat, sebagian besar bursa mengizinkan transfer debit dan bank. Beberapa juga memungkinkan Anda untuk mendanai pembelian dengan kartu kredit Anda, meskipun ini bisa menjadi langkah berisiko dengan aset yang tidak stabil seperti cryptocurrency karena biaya bunga dapat memperdalam kerugian Anda jika nilai investasi Anda menurun.

Jika Anda sudah memiliki cryptocurrency, Anda dapat mentransfernya ke akun Anda dari dompet digital atau platform lain, lalu menggunakannya untuk berdagang. Pastikan untuk memverifikasi bahwa pertukaran crypto Anda memungkinkan perdagangan antara aset yang Anda lihat. Tidak semua cryptocurrency dapat langsung diperdagangkan satu sama lain, dan beberapa platform memiliki lebih banyak pasangan perdagangan daripada yang lain.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa biaya pertukaran bervariasi tergantung pada apa yang Anda beli dan bagaimana Anda membelinya, jadi tinjau detail ini dengan cermat.

4. Pilih mata uang kripto

Ada banyak pilihan untuk investor cryptocurrency, meskipun tidak ada satu pun yang mungkin cocok untuk semua orang. Sebelum Anda membeli, tanyakan pada diri Anda apa tujuan Anda untuk investasi ini. Apakah Anda berharap nilainya akan meningkat? Apakah Anda tertarik untuk melakukan transaksi menggunakan cryptocurrency? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan teknologi yang mendasarinya melalui aplikasi terdesentralisasi? Ini dapat membantu Anda membuat keputusan.

NerdWallet telah membuat panduan untuk beberapa cryptocurrency yang beredar luas, termasuk Bitcoin dan beberapa alternatif Bitcoin :

  • Bitcoin adalah cryptocurrency pertama dan paling berharga.
  • Ethereum umumnya digunakan untuk melakukan transaksi keuangan yang lebih kompleks daripada yang didukung oleh Bitcoin.
  • Cardano adalah pesaing Ethereum yang dipimpin oleh salah satu pendirinya.
  • Solana adalah pesaing lain untuk Ethereum yang menekankan kecepatan dan efektivitas biaya.
  • Dogecoin dimulai sebagai lelucon tetapi telah berkembang menjadi salah satu cryptocurrency paling berharga.
  • Stablecoin adalah kelas cryptocurrency yang nilainya dirancang untuk tetap stabil relatif terhadap aset dunia nyata seperti dolar.

3. Cryptocurrency terbaik berdasarkan kapitalisasi pasar

Hampir 18.000 cryptocurrency berbeda diperdagangkan secara publik, menurut CoinMarketCap.com , situs web riset pasar. Dan cryptocurrency terus berkembang biak. Nilai total semua cryptocurrency pada 1 Maret 2022, adalah sekitar $1,9 triliun, telah turun secara substansial dari tertinggi sepanjang masa di atas $2,9 triliun pada akhir tahun 2021.

4. Menjaga kripto tetap aman

Setelah Anda memutuskan untuk membeli kripto dan menentukan mata uang kripto mana yang ingin Anda investasikan, keputusan Anda selanjutnya adalah bagaimana Anda ingin menyimpannya.

Ini adalah pilihan penting. Aset kripto memerlukan kunci pribadi, yang membuktikan kepemilikan mata uang kripto dan diperlukan untuk melakukan transaksi. Jika Anda kehilangan kunci pribadi, Anda kehilangan cryptocurrency Anda. Jika seseorang mendapatkan kunci pribadi Anda, mereka dapat membuang cryptocurrency Anda sesuka mereka.

Pemilik Crypto menggunakan dompet digital untuk menyimpan kepemilikan mereka dengan aman. Ada beberapa pilihan untuk dipertimbangkan ketika datang ke dompet digital.

Penyimpanan di platform: Beberapa orang memilih untuk menyimpan cryptocurrency mereka di bursa atau platform tempat mereka mendapatkannya. Ini memiliki beberapa keuntungan. Ini mengalihdayakan kompleksitas ke pihak ketiga yang membawa beberapa keahlian ke meja. Anda tidak perlu melacak kunci pribadi Anda sendiri; semua informasi ada di sana saat Anda masuk.

Kekurangannya adalah jika penyedia memiliki pelanggaran keamanan di luar kendali Anda, atau jika seseorang meretas kredensial pribadi Anda, cryptocurrency Anda bisa berisiko. Penyimpanan di platform sering digunakan oleh orang-orang yang berpikir mereka mungkin ingin segera memperdagangkan kripto mereka, atau yang ingin berpartisipasi dalam program staking dan reward bursa.

Dompet non-penahanan: Karena ancaman peretasan, dapat berisiko meninggalkan saldo besar di bursa kripto lebih lama dari yang diperlukan. Jika Anda siap untuk menyimpan kripto Anda sendiri, ada banyak pilihan di pasar. Mereka umumnya dibagi menjadi dua kategori: dompet panas dan dompet dingin. Dompet panas memiliki beberapa konektivitas online, yang mungkin membuatnya lebih mudah digunakan tetapi dapat membuat Anda rentan terhadap beberapa kerentanan keamanan. Dompet dingin sedang offline, perangkat fisik yang tidak dapat dijangkau oleh siapa saja yang tidak memilikinya.

5. Pro dan kontra dari cryptocurrency

Cryptocurrency menginspirasi opini yang penuh semangat di seluruh spektrum investor. Berikut adalah beberapa alasan mengapa beberapa orang percaya itu adalah teknologi transformasional, sementara yang lain khawatir itu hanya iseng.

Pro mata uang kripto

  • Pendukung melihat cryptocurrency seperti Bitcoin sebagai mata uang masa depan dan berlomba untuk membelinya sekarang, mungkin sebelum menjadi lebih berharga.
  • Beberapa pendukung menyukai fakta bahwa cryptocurrency menghilangkan bank sentral dari pengelolaan jumlah uang beredar karena seiring waktu bank-bank ini cenderung mengurangi nilai uang melalui inflasi.
  • Pendukung lain menyukai teknologi blockchain di balik cryptocurrency, karena ini adalah sistem pemrosesan dan pencatatan yang terdesentralisasi dan dapat lebih aman daripada sistem pembayaran tradisional.
  • Beberapa spekulan menyukai cryptocurrency karena nilainya naik dan tidak tertarik pada penerimaan mata uang jangka panjang sebagai cara untuk memindahkan uang.
  • Beberapa cryptocurrency menawarkan pemiliknya kesempatan untuk mendapatkan penghasilan pasif melalui proses yang disebut staking. Taruhan kripto melibatkan penggunaan mata uang kripto Anda untuk membantu memverifikasi transaksi pada protokol blockchain. Meskipun mempertaruhkan memiliki risiko, ini dapat memungkinkan Anda untuk menumbuhkan kepemilikan kripto Anda tanpa membeli lebih banyak.

Kontra mata uang kripto

  • Banyak proyek mata uang kripto yang belum teruji, dan teknologi blockchain pada umumnya belum diadopsi secara luas. Jika ide yang mendasari di balik cryptocurrency tidak mencapai potensinya, investor jangka panjang mungkin tidak akan pernah melihat pengembalian yang mereka harapkan.
  • Untuk investor kripto jangka pendek, ada risiko lain. Harganya cenderung berubah dengan cepat, dan sementara itu berarti banyak orang telah menghasilkan uang dengan cepat dengan membeli di waktu yang tepat, banyak orang lain yang kehilangan uang dengan melakukannya tepat sebelum crypto crash .
  • Pergeseran nilai yang liar itu juga dapat bertentangan dengan ide-ide dasar di balik proyek-proyek yang diciptakan untuk mendukung cryptocurrency. Misalnya, orang mungkin cenderung tidak menggunakan Bitcoin sebagai sistem pembayaran jika mereka tidak yakin berapa nilainya di hari berikutnya.
  • Dampak lingkungan dari Bitcoin dan proyek lain yang menggunakan protokol penambangan serupa adalah signifikan. Perbandingan oleh University of Cambridge , misalnya, mengatakan penambangan Bitcoin di seluruh dunia mengkonsumsi lebih dari dua kali lebih banyak daya daripada semua penerangan perumahan AS. Beberapa cryptocurrency menggunakan teknologi berbeda yang membutuhkan lebih sedikit energi.
  • Pemerintah di seluruh dunia belum sepenuhnya memperhitungkan bagaimana menangani cryptocurrency, sehingga perubahan peraturan dan tindakan keras berpotensi mempengaruhi pasar dengan cara yang tidak terduga.

6. Pedoman investasi Crypto

Cryptocurrency adalah investasi yang relatif berisiko, tidak peduli ke mana Anda mengirisnya. Secara umum, investasi berisiko tinggi harus menjadi bagian kecil dari keseluruhan portofolio Anda — satu pedoman umum tidak lebih dari 10%. Anda mungkin ingin melihat terlebih dahulu untuk menopang tabungan pensiun Anda, melunasi hutang atau berinvestasi dalam dana yang tidak terlalu fluktuatif yang terdiri dari saham dan obligasi.

Ada cara lain untuk mengelola risiko dalam portofolio kripto Anda, seperti dengan mendiversifikasi kisaran mata uang kripto yang Anda beli. Aset kripto dapat naik dan turun pada tingkat yang berbeda, dan selama periode waktu yang berbeda, jadi dengan berinvestasi di beberapa produk yang berbeda, Anda dapat melindungi diri Anda sampai tingkat tertentu dari kerugian di salah satu kepemilikan Anda.

Mungkin hal terpenting ketika berinvestasi dalam segala hal adalah mengerjakan pekerjaan rumah Anda. Ini sangat penting ketika menyangkut cryptocurrency, yang sering dikaitkan dengan produk teknologi tertentu yang sedang dikembangkan atau diluncurkan. Saat Anda membeli saham, itu terkait dengan perusahaan yang tunduk pada persyaratan pelaporan keuangan yang terdefinisi dengan baik, yang dapat memberi Anda gambaran tentang prospeknya.

Cryptocurrency, di sisi lain, diatur lebih longgar di AS, jadi membedakan proyek mana yang layak bisa menjadi lebih menantang. Jika Anda memiliki penasihat keuangan yang akrab dengan cryptocurrency, mungkin ada baiknya meminta masukan.

Untuk investor pemula, ada baiknya juga untuk memeriksa seberapa luas cryptocurrency digunakan. Sebagian besar proyek crypto terkemuka memiliki metrik yang tersedia untuk umum yang menunjukkan data seperti berapa banyak transaksi yang dilakukan di platform mereka. Jika penggunaan cryptocurrency tumbuh, itu mungkin merupakan tanda bahwa ia memantapkan dirinya di pasar. Cryptocurrency juga umumnya membuat "kertas putih" tersedia untuk menjelaskan bagaimana mereka akan bekerja dan bagaimana mereka berniat untuk mendistribusikan token.

Jika Anda ingin berinvestasi dalam produk kripto yang kurang mapan, berikut adalah beberapa pertanyaan tambahan untuk dipertimbangkan:

  • Siapa yang memimpin proyek? Pemimpin yang dapat diidentifikasi dan dikenal adalah tanda positif.
  • Apakah ada investor besar lain yang berinvestasi di dalamnya? Ini pertanda baik jika investor terkenal lainnya menginginkan mata uang.
  • Apakah Anda akan memiliki sebagian di perusahaan atau hanya mata uang atau token? Perbedaan ini penting. Menjadi pemilik bagian berarti Anda dapat berpartisipasi dalam penghasilannya (Anda adalah pemilik), sementara membeli token berarti Anda berhak menggunakannya, seperti chip di kasino.
  • Apakah mata uang sudah berkembang, atau apakah perusahaan ingin mengumpulkan uang untuk mengembangkannya? Semakin jauh di sepanjang produk, semakin kecil risikonya.

Dibutuhkan banyak pekerjaan untuk menyisir prospektus; semakin detail, semakin besar peluang Anda untuk sah. Tetapi bahkan legitimasi tidak berarti mata uang akan berhasil. Itu pertanyaan yang sama sekali terpisah, dan itu membutuhkan banyak pemahaman pasar. Pastikan untuk mempertimbangkan cara melindungi diri Anda dari penipu yang melihat cryptocurrency sebagai peluang untuk menipu investor.

7. Legalitas cryptocurrency

Tidak ada keraguan bahwa cryptocurrency legal di AS, meskipun China pada dasarnya melarang penggunaannya, dan pada akhirnya apakah itu legal tergantung pada masing-masing negara.

Pertanyaan apakah cryptocurrency diperbolehkan, bagaimanapun, hanyalah satu bagian dari pertanyaan hukum. Hal lain yang perlu dipertimbangkan termasuk bagaimana crypto dikenai pajak dan apa yang dapat Anda beli dengan cryptocurrency.

  • Alat pembayaran yang sah: Anda mungkin menyebutnya mata uang kripto, tetapi mereka berbeda dari mata uang tradisional dalam satu hal penting: tidak ada persyaratan di sebagian besar tempat bahwa mata uang itu diterima sebagai "alat pembayaran yang sah." Dolar AS, sebaliknya, harus diterima untuk "semua utang, publik dan swasta." Negara-negara di seluruh dunia mengambil berbagai pendekatan terhadap cryptocurrency. El Salvador pada tahun 2021 menjadi negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Sementara itu, China sedang mengembangkan mata uang digitalnya sendiri. Untuk saat ini, di AS, apa yang dapat Anda beli dengan cryptocurrency tergantung pada preferensi penjual.
  • Pajak Crypto: Sekali lagi, istilah "mata uang" agak membingungkan ketika menyangkut pajak di AS. Cryptocurrency dikenai pajak sebagai properti, bukan mata uang. Itu berarti bahwa ketika Anda menjualnya, Anda akan membayar pajak atas keuntungan modal, atau selisih antara harga pembelian dan penjualan. Dan jika Anda diberi kripto sebagai pembayaran atau sebagai hadiah untuk aktivitas seperti menambang Anda akan dikenai pajak atas nilainya saat Anda menerimanya.

Referensi : Pinjaman Online OJK