Harga Made In China

Mengapa tsunami produk China yang datang ribuan mil jauhnya tersebut, bisa murah banget harganya di negeri Indonesia ini?

Kamis, 4 Maret 2021 | 08:16 WIB
0
161
Harga Made In China
Barang kiriman dari China (Foto: Dok. Pribadi)

"Mas, bisa minta waktunya bentar ?" tanya seorang milenial saat mencegat saya di trotoar Jl. Surya Kencana, Bogor. "Dua menit aja. Boleh, mas ?" sergapnya lagi. Saya hanya separo serius menanggapinya. Kurang minatlah. Tapi semangatnya kliatan tinggi banget. Gak patah arang dia untuk bisa segera menjelaskan produk yang ditawarkannya.

Okelah! Saya pun akhirnya menyimak stori bisnis kecil-kecilan yang sedang dijalankannya. Karena sedang PPMK Covid 19 di Bandung, mahasiswi ini jadi pindah bergerilya memasarkan minuman botolan kekinian bikinannya ke Bogor.

"Ada beberapa pilihan rasa, mas. Ada rasa moka, kopi dan vanilla. Harganya Rp25 ribu aja koq", katanya sambil mengeluarkan sesuatu dari tote bag kanvasnya. Rupanya minuman botolannya yang sais 200 ml. Gak gede. Tapi tampilan desain kemasannya memang kekinian.

Singkatnya, di mata saya kreasi produk minumannya gak ada uniknya. Menstrim. Jadi terasa kemahalan. Ujung-ujungnya gak kompetitif.

Jujur, ada banyak pisan substitusi produk begituan yang tersedia di pasaran. Di minimarket, misalnya. Tentunya dengan posisi harga yang lebih ekonomis.

Pertanyaannya, mengapa produk UKM nya ini mahal? Ini bisa karena kos produksinya tinggi. Atau dianya yang pengen ngambil marjin profit selangit. Bisa jadi akibat praktek bisnisnya gak efisien.

Atau juga karena gaya hidup kesehariannya barangkali boros. Ada bejibun kemungkinan. Tapi yang jelas, produk botolan tersebut "over-price"!

Yang bikin tambah prihatin saat itu adalah, barusan aja beberapa menit sebelumnya saya melihat bongkar muat kiriman produk Made in China (lihat foto) dari truk ke sebuah toko di kawasan pecinan itu. Bejibun pulak!

Pertanyaan kritisnya, mengapa tsunami produk China yang datang ribuan mil jauhnya tersebut, bisa murah banget harganya di negeri +62 ini?

***
.