Tips Memilih Baja Ringan Berkualitas

Produk baja ringan yang tidak berkualitas atau bersertifikat SNI dapat berisiko membahayakan struktur bangunan atau membuat atap bangunan anda mudah roboh.

Rabu, 15 Juni 2022 | 07:25 WIB
0
38
Tips Memilih Baja Ringan Berkualitas
Kanal C Galvalum

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang disebut dengan Baja Ringan. Ada 3 jenis besi yang tergolong sebagai baja ringan yakni Hollow Galvalum, Kanal C Galvalum, dan Reng Baja Ringan Galvalum. Baja ringan sendiri adalah baja karbon yang memiliki sifat kaku dan kuat sehingga banyak digunakan untuk keperluan konstruksi bangunan. Jadi, jika baja ringan yang dipilih kurang berkualitas maka penggunaannya juga tidak akan maksimal. Lantas, bagaimana cara untuk memilih produk baja ringan yang berkualitas di pasaran? Yuk, baca informasi berikut ini untuk mencari tahu lebih lanjut tentang tips memilih baja ringan yang berkualitas!

Pilih Baja Ringan dengan Pelindung Karat yang Mengandung Aluminium Zinc

Tips pertama untuk memilih baja ringan yang berkualitas adalah pililah baja ringan yang telah dilapisi dengan pelindung karat yang mengandung zat Aluminium Zinc (AZ) atau yang lebih sering dikenal dengan istilah galvalum. Sebab, baja ringan yang telah dilapisi dengan material ini memiliki ketahanan karat 4x lebih baik dibandingkan baja ringan yang hanya mengandung zat Zinc (Z) atau galvanis. Baja ringan yang dilapisi dengan pelindung karat yang mengandung Aluminium Zinc diperkirakan dapat berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun. Lapisan alumunium ini dikenal juga dengan singkatan AZ, semakin tebal lapisan ini maka semakin baik ketahananya terhadap korosi. Anda bisa memilih masa lapisan AZ sesuai dengan fungsi kebutuhan Anda. Apabila lokasi bangunan Anda berada di daerah yang cukup ekstrem, seperti di dekat pantai atau di daerah industri dengan resiko karat tinggi, sebaiknya gunakan masa lapisan ≥AZ150 karena memiliki ketahanan karat yang lebih lama yaitu minimal 20 tahun.

Lakukan Uji atau Tes Sederhana Untuk Mengetahui Kualitas Baja Ringan

Uji berat dapat dilakukan dengan mengambil acak masing-masing satu sample baja ringan dengan merk yang berbeda, yang panjang dan profilnya sama, untuk ditimbang satu per satu. Baja ringan yang baik akan memiliki berat yang sesuai dengan tabel berat rekomendasi internasional dan SNI. Untuk mengetahui langkah uji sederhana secara lengkap, Anda bisa klik disini.

Pastikan Baja Ringan Anda Berkualitas atau Bersertifikat SNI

Tips memilih baja ringan terkahir yang kami rekomendasikan kepada Anda adalah untuk memilih produk baja ringan yang berkualitas atau memiliki sertifikat SNI, walaupun harganya lebih mahal dibandingkan baja ringan yang tidak ber-SNI. Sebab, produk baja ringan yang tidak berkualitas atau bersertifikat SNI dapat berisiko membahayakan struktur bangunan atau membuat atap bangunan anda mudah roboh.

Nah, dengan tips ini kami berharap Anda bisa memilih baja ringan yang tepat, berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan serta budget. Bagi Anda yang memiliki kebutuhan baja ringan, SMS Perkasa menjual berbagai jenis besi termasuk baja ringan dengan ukuran yang beragam.

***