Tips dan Manfaat Brand Storytelling untuk Bisnis Anda

Karakter yang Anda gambarkan dalam brang storytelling menjadi pembeda dengan kompetitor sehingga menjadi alasan tersendiri bagi konsumen untuk memilih produk Anda.

Kamis, 19 Agustus 2021 | 12:00 WIB
0
151
Tips dan Manfaat Brand Storytelling untuk Bisnis Anda
dreambox.id

Apa itu Brand Storytelling?

Brand storytelling adalah penggunaan sebuah kisah yang autentik serta memberikan rasa emosional dengan tujuan promosi. Anda bukan sekedar memperkenalkan merek ke pasaran namun juga menjual kisah sehingga menjadi lebih menarik. Jadi konsumen akan merasa lebih tertarik ke kisahnya bukan ke kelebihan produknya.

Konsep dari strategi ini adalah mempengaruhi alam bawah sadar konsumen untuk membeli produk. Dari segi visibilitas, perkembangan serta dampak jangka panjang. Maka penting membawa konsumen masuk ke dalam dunia bisnis dengan membuat kisah untuk jangka panjang.

Baca Juga: Brand Engagement Penting untuk Bisnis, Mengapa?

Cara ini sangat efektif untuk meraih serta mempertahankan perhatian dari para calon konsumen. Menerapkan storytelling ke dalam strategi pemasaran terbukti membuat brand menjadi lebih hidup dan menarik, serta dapat membantu terhubung dengan konsumen menggunakan cara-cara lebih personal. Tokoh utama dalam brand storytelling biasanya konsumen, sementara brand Anda sebagai pemandu atau fasilitator yang akan membawa kisah tersebut seperti nyata.

Tujuan utama dari brand storytelling bukan penjualan atau mendapatkan keuntungan, akan tetapi bagaimana cara agar bisa memberikan kekuatan untuk mendorong atau memotivasi konsumen untuk terbawa secara emosional.

Tips Marketing Menggunakan Brand Storytelling

1. Pilih bahasa yang sederhana
Dalam membranding produk dengan memanfaatkan sebuah cerita, Anda perlu menggunakan bahasa yang sederhana dan lebih mudah dipahami karena target audiens dari berbagai kalangan. Anda bisa mempelajari bagaimana penggunaan bahasa dalam membuat sebuah cerita agar mudah ditangkap oleh calon konsumen.

2. Sesuaikan siapa target audiens
Sebuah strategi branding akan berhasil jika sesuai dengan target yang dituju atau tepat sasaran. Anda dapat menyesuaikan kisah dengan target calon konsumen, contohnya Anda membuat produk minuman untuk remaja maka harus mengangkat kisah tentang kehidupan remaja.

3. Kisah yang mempengaruhi emosional
Rahasia lainnya adalah dengan membuat kisah yang mampu memicu perasaan atau emosional konsumen. Cara ini membuat calon konsumen lebih mudah mengingat dan mengenal merk kemudian larut ke dalam kisahnya. 

4. Berikan narasi berbeda
Usahakan membuat narasi yang berbeda dari umumnya namun memberikan pelajaran tersendiri bagi konsumen, sehingga mampu menciptakan kesan positif dan menjadi daya tarik tersendiri untuk membeli atau menggunakan produknya.

Manfaat Menciptakan Brand Storytelling Bagi Bisnis

1. Untuk membangun Citra baik bagi brand

Dengan adanya storytelling didalamnya membuat sebuah produk mampu menceritakan kisahnya sendiri. Mampu menjelaskan tentang esensi dan nilai dari brand mereka sendiri sehingga citra positif tersebut menjadi daya tarik tersendiri.

2. Representasi karakter brand

Karakter yang Anda gambarkan dalam brang storytelling menjadi pembeda dengan kompetitor sehingga menjadi alasan tersendiri bagi konsumen untuk memilih produk Anda. 

3. Konsumen merasa spesial

Pandangan yang diberikan konsumen terhadap produk tersebut jelas sangat berbeda setelah mengetahui kisah didalamnya, sehingga dapat menciptakan ikatan serta kepercayaan antara brand dengan konsumen.

Baca Juga: Jangan Ragu Berkarya! Berikut 4 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan dalam Desain Branding

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa membacanya disini. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat. 

***